22 November 2007

1. Perintah Wajib Menuntut Ilmu

Perintah wajib menuntut ‘ilmu bagi setiap Muslim ini, terdapat dalam Hadits :

طَــلَبُ الْـعِـلْمِ فَـرِ يْـضَـةٌ عَـلىَ كُـلِّ مُسْــلِـمٍ وَ مُسْـلِـمَـةٍ

Menuntut ‘ilmu adalah fardhu kifayah bagi tiap-tiap Muslim baik ia Laki-laki maupun Wanita”. (Ibnu‘Abdil baar)

Baik yang berhubungan dengan Aqo’id maupun Ibadah Dunia dan Akhirat :

مَنْ اَرَ ادَ الـدُّ نْــيَافَـعَـلَـيْـهِ بِـالْـعِـلْمِ، وَمَنْ اَرَ ادَ الأخِرَ ةَ فَـعَـلَــيْـهِ بِـالْـعِـلْمِ وَ مَنْ اَرَ ادَ هُـمَـا فَــعَــلَــيْــهِ بـِا لْـعِـلْـــمِ

Barangsiapa yang menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan urusan Dunia. Wajib ia memiliki ‘ilmu nya. Dan barangsiapa yang ingin (bahagia di) Akhirat. Wajib ia memiliki ‘ilmunya. Dan barangsiapa yang meng inginkan ke dua-duanya. Wajib pula ia memiliki ‘ilmu kedua-duanya”. (Dalam batas-batas yang diridhoi Allah)

(H.R. Al-Buhori dan Muslim)

Islam mewajibkan kita untuk menuntut ‘ilmu Akhirat yang menghasilkan “Natijah”, yakni ‘ilmu yang di’amalkan sesuai dengan perintah Syara’. Hukum wajib‘Ain dan wajib Kifayah, sangat penting dipelajari oleh seluruh Mukallaf untuk meluruskan Aqidah atau Tauhid. Agar bisa memupuk ke-Imanan, serta yang berkaitan dengan pelaksanaan Ibadah Fardhu yang sehari-hari kita lakukan, seperti :

“Sholat”. “Puasa”. “Zakat”. “Melaksanakan Hajji”.

Disamping itu perlu pula kita ketahui ‘ilmu Akhlaq. Untuk

mengetahui Adab dan Sopan santun didalam beribadah maupun didalam pergaulan sesama Manusia.

Kemudian juga perlu pula kita pelajari ‘Ilmu ketrampilan yang menjadi tonggak dan sarana bagi kehidupan Dunia. Selanjutnya belajar Ibadah yang tidak kita kerjakan setiap hari seperti : “Sholat Idul Fitri atau Sholat Idul Adha”. Dan Nikah. Cukup dengan Syarat dan Rukunnya. Bagai mana caranya bergaul dengan Istri, harus kita ketahui yang mana Halal dan yang bagaimana pula yang Haram”. “Memandikan Jenazah dan Mengkafaninya, serta Men Sholatkan Jenazah, juga menguburkannya” itu juga sangat perlu kita pelajari. Sebab jika keadaan mengkehendaki, pada suatu saat harus kita laksanakan dengan seteliti mungkin serta sebersih-bersihnya, dan disertai pula dengan keikhlasan yang sangat.

Kemudian wajib pula bagi Muslim mempelajari ‘Ilmu pelengkap atau ‘ilmu alat, seperti belajar ‘ilmu : “Tajwid” “Balaghah”.“Nahwu”.“Syaraf”.“Bayan”.”Mantiq“Tafsir”Dan ‘Ilmu Hadits”. Dan lain-lain. Karena itu semua adalah merupakan Ibadah. Termasuk jangan ketinggalan bagi orang Muslim dan Muslimat mempelajari ‘Ilmu “Saint dan Komputer” serta ‘ilmu-‘ilmu yang canggih-canggih lainnya.

Wahai Insan ! Didalam menuntut ‘Ilmu, tidak ada istilah ketinggalan, apakah ia masih Muda atau sudah Dewasa atau yang sudah Tua. Tidak perlu merinding untuk mencari ‘ilmu dan mempelajarinya lalu di’amalkan. Namun carilah ‘ilmu yang menjadi bekal semoga bahagia di Dunia dan Bahagia pula di Akhirat nanti.

Kita perhatikan Hadits-hadits yang menunjukkan kearah itu :

َلأَنْ تَـغْدُوَفَـتَـعَلَّمَ ايـةً مِنْ كِــتَابِ الـلّــهِ خَـيْـرٌمِنْ عِـبَادَ ةِ سَـنَـةٍ

Sungguh, sekiranya engkau melangkahkan Kaki di waktu pagi (maupun petang). Kemudian kamu mempelajari satu ayat dari Kitab Allah (Al-Qur-aan). maka pahalanya lebih baik dari Ibadah satu tahun”.

(H.R. Ath-Turmudzy)

لأَنْ تَــغْـدُ وَفَــتَـعَـلَّـمَ ايـةً كِــتاب الـلّـــهِ خَـيْـرُ لَكَ مِنْ أَنْ تُـصَـلِّى مِا ئَــةً رَ كَـعَـةٍ

Anda pergi, lalu mempelajari sesuatu ayat dari Kitab Allah. (Al-Qur-aan), lebih baik bagi engkau, daripada Sho lat Seratus Raka’at”.

(H.R. Ibnu Majah Kitab Ath-Taghieb Juz III hal : 15)

Barangsiapa yang pergi menuntut ‘ilmu, maka ia telah termasuk golongan Fi-Sabilillah (orang yang menegakkan Agama Allah). Hingga ia sampai kembali” (kerumahnya). (H.R. At-Thurmidzy)

Kendatipun demikian, kita wajib intropeksi diri, sebab mungkin saja kita terdorong oleh Hawa Nafsu yang ber-tengger Setan didalamnya, lalu setelah ‘ilmu didapat, maka ia langsung membusungkan dada dan memproklamirkan diri. Bahwa ia sendiri yang ber’ilmu tinggi. Orang lain semuanya rendah, seperti yang disinyalir oleh Hadits dibawah ini :

لاَ تَـعْـلَـمُوْاالْـعِلْمَ لـِتُـبَاهُوَ ا بِـهِ الْـعُلَـمَآءَ،وَ لاَلـِتُـمَارُوْابِـهِ السُّـفَـهَاءَ وَ لاَ تَجْـرِئُـوْابِـهِ فِى الْـمَجَالِسِ أَوْ لـِتَصْرِفُوْاجُوْاهَ الـنَّاسِ إِ لَـيْـكُمْ فَـمَنْ فَـعَـلَ ذلِكَ فَـالــنَّارَ … فَـالــنَّارَ!

Janganlah kalian menuntut ‘ilmu untuk dibanggakan pada kalangan para Ulama. Atau untuk diperdebatkan di kalangan orang-orang bodoh dan buruk perangainya. Dan jangan pula menuntut ‘ilmu untuk penampilan dalam Majelis. Atau untuk menarik perhatian orang-orang kepa damu. Barang siapa yang berbuat seperti itu. Maka bagi nya Neraka ! Neraka ! (H.R.At-Turmudzy dan Ibnu Majah)

قَالَ الـلّـــهُ تَــعَـلىَ: أَلــكِـبْـرِيَـاءِ رِدَ ائِـيْ، وَ الْـعَـظِـمَـةُ إِزَارِى، فَـمَـنْ نَـازَعَـنِى وَ احِدً ا مِـنْـهُـمَا أَلــقَــيْـتَـهُ فِيْ جَــهَــنَّـمَ

"Allah Ta’ala Berfirman : Kebesaran (Kesombongan atau Kecongka-an) adalah pakaian-KU.Dan ke-Agungan adalah kain-KU. Barangsiapa merampas salah satu (dari keduanya) Maka akan AKU lempar ia kedalam Neraka Jahannam”. (Hadits Qudsi)

Telah kita baca lima buah Hadits, kesemuanya menunjukkan kepada kita, bahwa sangat dianjurkan bagi Muslim dan Muslimat, agar menuntut ‘ilmu untuk hidup di Dunia dan ‘ilmu untuk Akhirat. Namun setelah mendapat ‘ilmu, tidak baik jika kita pergunakan untuk menyombongkan diri terhadap para Ulama atau untuk berdebat sesama orang awam. Karena yang demikian ini, disinyalir oleh Hadits. Sama halnya menunjukkan kesombongan di hadapan manusia. Lalu api neraka jahannam akan menyambut kita pada hari yang dijanjikan Allah SWT.

Mari kita perhatikan ayat Al-Qur-aan dibawah ini :

وَ نَـزَّ لْـنَاعَـلَـيْكَ الْكِـتَابَ تِـبْـيَانًـا لِّـكُلِّ شَيْءٍ وَهُـدًى وَّ رَحْـمَـةً وَ بــُشْـرًى لـِلْـمُسْـلِـمِـيْـنَ

Dan KAMI turunkan kepadamu Kitab (Al-Qur-aan) untuk menjelaskan segala sesuatu. Dan Petunjuk serta Rahmat bagi orang-orangh Muslim".(yang menta’ati Allah) (Q.S. An-Nahl : 89)

Al-Qur-aan menjelaskan segala sesuatu mengenai pokok pokok utama untuk mencapai kebahagiaan hidup di Dunia dan kesenangan di Akhirat. Dari mulai soal Ibadah. Perkawinan. Perekonomian. Pemerintahan. Ilmu pengetahuan. Budi pekerti luhur. Hubungan baik antar keluarga dan Bangsa-bangsa. Kesehatan. Pertanian. Dan lain-lain.
Sehingga Al-Qur-aan itu benar-benar menjadi petunjuk dan Rahmat bagi Manusia dan Makhluq lainnya. Dan Al-Qur-aan adalah suatu kitab yang kokoh serta penjelasannya dari Allah SWT.

آلــر كِــتَابٌ اُحْكِـمَتْ ا يــتِـه ثُـمَّ فُصِّـلَتْ مِنْ لَدُنْ حَكِـيْمٍ خَـيْـرٍ

"Alif Laam Roo. (inilah) Kitab yang kokoh. Dan ayat-ayatnya disusun dengan rapi. Kemudian diberi penjelasan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Menge tahui" (Q.S. Huud : 1)

Setelah jelas bahwasanya Al-Qur-aan adalah benar-benar Kitab dari Allah SWT sekiranya manusia mau berfikir jernih, Insya Allah ia tidak akan berat untuk mempelajari Al-Qur-aan. Jika kita nilai dengan pantauan yang serius.

Maka kita akan mengetahui. Bahwa banyak orang-orang Muslim yang tidak tahu membaca Al-Qur-aan. Oleh karena itu, mudah saja mereka-mereka dengan sengaja meninggalkan ajaran Al-Qur-aan. Dan meninggalkan Sunnah Rasul-Nya. Demikian ini dikarenakan banyaknya faktor yang menempah manusia itu. Sehingga mereka berani memandang ringan terhadap ajaran Allah dan Rasul-Nya. Beberapa Faktor tersebut :

1. Kemauan orang tua menginginkan agar anaknya ahli ’Ilmu Dunia.
2. Keadaan Hati anak itu sendiri. Turut hanyut dengan keadaan di sekelilingnya.
3. Keadaan lingkungan yang meng-inginkan, agar manusia menentang Allah.
4. Kemauan Iblis yang diperturutkan. Yang pada akhirnya manusianya masuk Neraka Jahannam

Kita tidak membatasi manusia untuk menuntut ‘Ilmu. Dipersilakan mempelajari semua ‘Ilmu yang ada di alam ini. Bahkan dianjurkan untuk mempelajarinya. Tetapi alangkah baiknya jika ‘Ilmu tersebut diimbangi dengan ‘Ilmu Agama agar bisa seimbang dan paralel. Sebab setelah kita perhatikan perkembangan zaman. Dapat kita rasakan pada era zaman sekarang ini, banyak lahir penyakit berpola baru. Dan bernama baru, sehingga para Dokter sendiri tidak tahu namanya. Padahal empat belas abad yang lalu Al-Qur-aan telah menyatakan, bahwa Al-Qur-aan sanggup menjadi Penawar Hati dan Rahmat bagi semua Makhluq. Terutama penyakit yang berada didalam Sudur (Dada) yaitu "Hati".

Yang demikian ini empat belas abad yang lalu telah disitir oleh Hadits Nabi S.a.w :

أَلاَوَ إِنَّ فِى الْـجَسَـدِمُضْغَـةَ، إِذَاصَـلُـحَتْ صَـلُـحَ الْـجَـسَـدُكُــلُّـهُ وَ إِذا فَسَــدَتْ فَسَــدَ الْـجَسَـدُ كُـلُّـهُ ، أَ لاَ وَ هِيَ الْـقَــلْـبُ


"Ketahuilah ! Sesungguhnya dalam Tubuh Manusia itu, ada segumpal Daging. Apabila ia baik. (maka) seluruh Tubuh akan baik. Dan apabila ia rusak. Maka seluruh Tubuh akan rusak. Ketahuilah ! ia adalah Hati.(Al-Bukhori)

Oleh karena itu, carilah ilmu yang bisa menenteramkan hati

تَــعَـلَّـمُـوْالْـعِلْـمَ وَ تَـعَـلَّـمُـوْالـِلْـعِلْـمِ السَّــكِـــيْــنَـةَ وَ الْــوَ قَـارَ وَ تَــوَا ضَعُـوْا لِـمَـنْ تَــعَــلَّــمُـوْنَ مِـنْـهُ

"Tuntutlah ‘ilmu dan belajarlah (untuk ‘ilmu) Ketenangan dan Kehormatan diri. Dan bersikaplah rendah Hati kepada orang yang mengajari kamu". (H.R. Muslim)

Jika direnungkan Hadits diatas, maka akan timbul dalam pemikiran siapapun. Bahwa untuk mencari ‘ilmu ketenangan dan bersikap rendah Hati terhadap Guru. Tiada lain kecuali ‘ilmu yang mempelajari Al-Qur-aan dan Sunnah Rasul Saw. Jika kita ingin menjadi orang Muslim yang jujur. Tetapi jika kita sejajarkan dengan pendapat umum, maka pengertian di atas tidak tepat kata mereka. Sebab di dalam adat istiadat pun sudah ada pelajaran Etika, yang mengajarkan kepada manusia agar berbuat sopan santun terhadap orang lain.

Itu juga kita terima. Namun yang kita harapkan adalah Adat yang bersendi kepada Syara’. Syara’ bersendi kepada Kitabullah. Kitabullah yang bermuara kepada Allah SWT.

Karena zaman sekarang, banyak Kitab yang dikatakan orang bahwa itu adalah Kitab Allah. Tetapi ajarannya menyimpang dari tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Konon pula Adat yang tidak bersendikan Kitabullah yang asli. Maka mudah saja di goyang oleh zaman dan cenderung kepada keadaan masa.

إِذَاظَــهَــرَتِ الْـبِدَ عُ فِيْ أُ مَّــتِى فَـعَـلَ الْــعَالَمِ أَنْ يــُظْـهِـرُعِـلْمـُـهُ فَـإِنْ لَمْ يَــفْـعَــلْ فَـعَــلَــيْـهِ لَــعَــنَـةُ الـلّـــــهِ وَ الْـمَـلاَ ئِـكَـةِ وَ الــنَّاسِ أَجْـمَـعِـيْـنَ , لاَ يــُـقْــبَــلُ مِـنْــهُ صَـرْ فٌ وَ لاَ عَدْ لٌ

Apabila muncul bid’ah-bid’ah ditengah-tengah umatku. Maka wajib bagi orang ber-’Ilmu menyebarkan ‘Ilmunya (yang benar). Kalau ia tidak melakukannya, maka bagi nya la’nat Allah. para Malaikat. Dan la’nat seluruh Manu sia. Tidak akan di terima sedekahnya dan seluruh kebai kan ‘amalnya”. (H.R. Ar-Robii’)

Memang orang ber’ilmu sangat disanjung dan dipuja oleh siapapun. Namun tidak tertutup kemungkinan. Bahwa orang ber’ilmu bisa saja langsung masuk ke dalam Neraka jahannam. Jika ia salah kaprah dalam penyampaian maupun dalam meng’amalkannya. Karena Hadits diatas telah menerangkan kepada kita, bahwa La’nat Allah dan Malaikat serta La’nat seluruh Ruh Manusia sangat dekat kepadanya. Jadi belum tentu yang kita pandang manis itu tidak akan menjadi Pil pahit di belakang hari. Untuk itu.. Berhati-hatilah wahai orang yang ber’ilmu !!!

مَنْ سُـئِـلَ عَنْ عِـلْمٍ فَـكَــتَـمَـهُ جَاءَ يَـوْ مَ الْـقِـيَامَةِ مُـلْـجَــمًابِـلِـجَامٍ مِنْ نَّـارِ

Barangsiapa ditanya tentang suatu ‘Ilmu lalu dirahasia kannya, maka ia akan hadir pada hari Qiyamat dengan kendali (di mulutnya) dari api Neraka !!!”.

(H.R. Abu Daud)

Merahasiakan suatu ‘Ilmu itu, sangat dimurkai Allah. Lalu bagaimana jika menyempitkan lahirnya ‘Ilmu untuk umat Manusia, hanya di karenakan isi Amplopnya sedikit ? Wallahu a’lam bish-showaab-Wal-maa’ap. Kita kembalikan semua keadaan kepada Allah ‘Azza Wajalla.

1 comments:

Anonymous said...

Sudah bagus tuh tulisannya..