20 January 2012

6. Adab Sujud

Apabila telah selesai dari memuji Allah. SWT. Dan Berdo’a, maka manakala hendak bergerak untuk Sujud : Ucapkan Takbir, dengan tidak mengangkat Tangan.
Menurut suatu pendapat. Bahwasanya Takbir itu dihabiskan dipertengahan turun, sebelum sampai dahi ketempat Sujud.
UNTUK YANG BERIMAM
Perhatikan Hadits dibawah ini :
عَـنِ الْــبَــرَ اءِ وَ هُـوَ غَـيْـرُ كَــذُوْ بٍ اَ نَّــهُــمْ كَـانُـوْا يُـصَـلُّـوْ نَ خَـلْــفَ رَ سُـوْ لُ الـلّـــــهِ صَــلَّـى الـلّـــــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـــمَ. فَـإِذَا رَ فَــــــــــعَ رَ أْ سَـــهُ مِنَ الـرُّ كُــوْ عِ لَـــمْ أَ رَ أَحَــدً ا يَـحْــنِـى ظَــهْــرَ هُ حَــتَّـى يَـضَـعَ رَسُـوْ لُ الـلّــــهِ صَــلَّـى الـلّــــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَـــلَّـــمَ جَــبْــهَــتَــهُ عَــلىَ اْلاَ رْضِ ثُـــمَّ يَـخِــرُّ مَـنْ وَ رَ اءَ هُ سُــجَّــدً ا
“Dari Baroo-a. katanya :”Bahwa Jama’ah ketika menunaikan Sholat dibelakang Rasulullah. S.a.w. tidak terlihat seorangpun yang mendahului membungkuk akan Sujud, sebelum Rasulullah. S.a.w. meletakkan Dahinya di atas Bumi (tempat Sujud). Kemudian barulah Ma’mum yang dibelakangnya turun Sujud”. (Shohih Muslim Juz I No 290 Hal : 279)
ADAB SUJUD
Apabila bergerak kepada Sujud. Kemudian manakala hampir sampai ketempat Sujud, maka hendaklah kita letakkan terlebih dahulu kedua Lutut kita, kemudian letakkan kedua telapak tangan bertelekan di antara kepala atau Dahi kita, perhatikan Hadits :
عَـنْ أَ نَـسٍ قَـالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّـى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّــــــــمَ اَ عْــتَــدِ لُــوْ ا فِـى الـسُّـجُـوْ دِ وَ لاَ يَــبْــسُـطْ أَ حَـدُ كُــمْ ذِ رَ ا عَــيْـــــهِ ا نْــبِــسَـاطَ الْــكَــلْـبِ
“Dari Anas. r.a. katanya :”Bersabda Rasulullah. S.a.w. Sempurnakan Sujudmu dan jangan dibentangkan (meletakkan lengan sampai ke Siku) dua tanganmu seperti Anjing tiarap”. (Shohih Muslim Juz I No 302 Hal 284)

APABILA TIDAK MENYEMPURNAKAN SUJUDNYA
عَـنْ حُـذَ يْــفَــةَ رَ أ ى رَ جُــلاً لاَ يُــتِــمُّ رُ كُـوْ عَــهُ وَ لاَ سُـجُــوْ دَ هُ فَــلَــمَّـا قَـضَى صَـــــــلاَ تَــهُ قَـالَ لَـــهُ حُـذَ يْــفَـــةُ مَـا صَــلَّــيْـتُ قَـالَ وَ أَحْـبِـسُـهُ قَـالَ وَ لَـوْ مُـتَّ عَـلَـى غَــيْـرِ سُــنَّــةِ مُـحَــمَّــدٍ صَـلَّـى الـلّـــــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَـــلَّــــــمَ
“Dari Huzaifah. bahwasanya ia melihat Laki-laki yang tidak sempurna Ruku’ dan Sujudnya, setelah orang itu selesai Sholat. Huzaifah berkata kepadanya :”Engkau tidak Sholat. Kalau engkau mati, maka engkau mati bukan didalam Agama Muhammad. S.a.w.”(Bukhari)
BERSUJUD DIATAS TUJUH ANGGOTA BADAN
عَـنِ ا بْـنِ عَــبَّـاسٍ قَـالَ أُ مِـرِ الـنَّــبِــيُّ صَـلَـى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَسَـلَّــمَ اَ نْ يَــسْــجُــدَ عَـــــلَى سَــبْــعَــةِ اَعْـضَـاءٍ وَ لاَ يَــكُـــفَّ شَــعْــرَ هُ وَ لاَ ثِـــيَـا بَـــهُ
“Dari Ibnu ‘Abbas. r.a. katanya : ”Nabi S.a.w. diperin tahkan untuk Sujud diatas tujuh Anggota Sujud, dan tidak diperbolehkan Anggota Sujud itu terhalang oleh Rambut ataupun pakaian”. (Sunan An-Nasa’iy Juz I No 1068 Hal 580)
KETERANGAN TENTANG HADITS DIATAS :
عَـنْ عَـامِـرِ بْـنِ سَــعْــدٍ عَـنِ الْــعَـــبَّـاسِ بْـنِ عَــبْـدُ الْـمُـطَــلِـبِ اَ نَّــهُ سَـمِــعَ رَ سُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّـى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّــــــــمَ. يَــقُـوْ لُ اِذَ ا سَــجَــدَ الْـعَــبْـدُ سَـجَــدَ مِــنْــهُ سَــبْــعَــةُ آ رَ ا بٍ وَ جْــهُـــــــهُ وَ كَـــفَّـا هُ وَ رُ كْــبَـــتَـا هُ وَ قَــدْ مَـا هُ
“Dari ‘Amir bin Sa’ad dari Al-‘Abbas bin ‘Abdul Muttholib. Bahwasanya ia pernah mendengar Rasulul lah. S.a.w. bersabda :”Jika seseorang Sujud, maka haruslah ia Sujud diatas tujuh Anggota Sujud.
  1. Wajah. (termasuk Hidung - Dahi)
  2. Kedua Telapak tangan.
  3. Kedua Lututnya dan
  4. Kedua Telapak Kakinya.
(Terjemah Sunan An-Nasa’iy Juz I No 1068 Hal 580)
Jelasnya, hendaklah muka (Dahi dan Hidung) di sentuhkan ketempat Sujud. (Bukan ditekan, nanti tak bisa bernafas). Dan hendaklah ujung jari-jari tangan dan ujung jari-jari kaki dihadapkan ke Qiblat, dan hendaklah kedua Siku direnggangkan dari Lambung namun jangan sampai rapat ketempat Sujud.
Dan hendaknya perut di renggangkan dari Paha dan kedua Paha direnggangkan dari Betis. Jangan pula bergulung macam Ulat. Selanjutnya perhatikan kalimat Hadits diatas.
“Jangan ada lapik antara Dahi dan tempat Sujud.” Agar lebih nyata kehinaan seorang hamba, dihadapan Allah. SWT, yang mana seorang hamba itu wajib tunduk dan patuh hanya kepada Allah. begitu Sujud, sama tinggi Dahi dengan Telapak kakinya.
Setelah tertib betul dalam melaksanakan Sujudnya. Kemudian bacalah salah satu dari Ucapan dalam Su jud yang telah di Ucapkan oleh Nabi. S.a.w. didalam Sujudnya :
سُــبْـحَـانَ رَ بِّــيَ اْ لأَ عْــلىَ - سُــبْـحَـانَ رَ بِّــيَ اْ لأَ عْــلىَ - سُــبْـحَـانَ رَ بِّــيَ اْ لأَ عْــلىَ
1. “Maha Suci Tuhan-ku. Yang Maha Tinggi …
Menurut riwayat Muslim, adalah Nabi. S.a.w. membaca Tasbih ini didalam Sujudnya berpuluh-puluh kali, sekurang-kurangnya tiga kali, jika sangat dikehendaki oleh keadaan.(Kitab Al-Adzkar hal : 27)
سُــبُّــوْ حٌ قُــدُّ وْ سٌ رَ بُّ الْــمَـــلاَ ئِــكَـــةِ وَ الــرُّ وْ حِ
2. “Tuhan Yang Maha Suci. Tuhan Yang Maha Quddus
Tuhan Yang Memelihara para Malaikat dan Ruh”.
Tasbih ini diriwayatkan oleh Muslim. ‘Uqbah bin Amir. Abu Daud dari A’isyah. r.a. (Kitab Al-Adzkar Halaman : 27)
سُــبْـحَـا نَـكَ اَ لـلّــهُـــمَّ رَ بَّـــنَـا وَ بِـحَــمْـدِ كَ اَلـلّــهُــــمَّ اغْـفِـرْ لِـى
3. “Maha Suci Engkau Tuhan-ku. Tuhan kami, beserta dengan Memuji-MU Ya Allah. ampunilah segala Dosaku”.
Tasbih ini diriwayatkan oleh Ahmad. Muslim dari A’isyah. r.a. dari Nabi. S.a.w. (Al-Adzkar hal : 27)
سُــبْـحَـانَ ذِ ى الْـجَــبَــرُ وْتِ وَ الْـكِــبْــرِ يَـاءِ وَ الْـعَــظَــمَــةِ
4. “Maha Suci Tuhan Yang mempunyai Kekerasan. Kekuasaan. Kebesaran dan Kemuliaan”.
Menurut riwayat Abu Daud dan An-Nasa’iy. Adalah Nabi. S.a.w. membaca Tasbih ini didalam Sujudnya berulang-ulang kali. (Al-Adzkar : 26)
سُــبْـحَـا نَـكَ وَ بِـحَــمْـدِ كَ لاَ اِ لــهَ اِ لاَّ اَ نْـتَ
5. “Maha Suci Engkau Tuhan-ku dengan memuji-MU. Tak ada Tuhan yang disembah dengan sebenarnya, melainkan hanya Engkau”
Tasbih ini diriwayatkan oleh Muslim dan A’isyah. r.a. dari Nabi. S.a.w. dan Rasulullah. S.a.w. banyak sekali Ber-do’a didalam Sujudnya, dan menganjur kan kepada umatnya agar memperbanyak do’a didalam Sujud. Kita perhatikan beberapa Hadits Nabi. S.a.w.
أَ كْــثِـرُ وْ ا فِـى الـسُّـجُـوْ دِ مِنَ الـدُّ عَـاءِ فَــإِ نَّــــــــــــــــــــــــــــــهُ قَــمِـنٌ اَ نْ يُــسْــتَــجَـابَ لَــكُـــــــمْ
“Banyakkanlah olehmu berdo’a didalam Sujud, karena do’a didalam Sujud itu lebih sangat layak di perkenankan”. (HR. Ahmad. Muslim. Abu Hurairah. r.a.)
Oleh karena itu sangat baik jika kita berdo’a di dalam Sujud, maka baik sekali kita kutip beberapa Do’a yang di ucapkan dan sering dibawa oleh Rasulullah. S.a.w. didalam Sujudnya, antara lain :
1
اَلـلّــهُـــمَّ اغْـفِـرْ لِى ذَ نْـبِـى كُــلَّــهُ دِ قَّــهُ وَجُــلَّــهُ وَ اَ وَّ لَـــهُ وَ آخِـرَ هُ وَ عَـــلاَ نِـــيَـــتَـــهُ وَ سِــرَّ هُ
“Wahai Tuhan-ku. Ampunilah segala Dosaku, kecil nya, besarnya, awalnya dan akhirnya, yang Zahir dan yang tersembunyi”.
Menurut riwayat Muslim. Nabi. S.a.w. membaca Do’a ini didalam Sujudnya. dan Do’a ini diriwayat kan juga oleh Abu Daud dari Abu Hurairah. r.a. dari Nabi. S.a.w. (Kitab Al-Adzkar halaman : 27)
Semoga kumpulan beberapa Do’a Rasulullah. S.a.w. ini bisa dijadikan pegangan bagi yang mau meng’amalkannya. Karena sudah banyak Do’a-do’a yang keblinger, karena datangnya dari Jin Ifrit ..
2
اَلـلّــهُـــمَّ اِ نِّـى اَعُـوْ ذُ بِـرِ ضَـاكَ مِـنْ شَـخَــطِــكَ وَ بِــمُــعَـا فَـا تِـكَ مِنْ عُـقُـوْ بَــتِــكَ وَ اَ عُـوْ ذُ بِـكَ مِـنْـكَ لاَ اَحْـصِـى ثَــنَـاءً عَــلَــيْــكَ اَ نْـتَ كَـــمَـا اَ ثْــنَــيْــتَ عَــلَـى نَــفْــسِــكَ
“Ya Tuhan-ku. Bahwasanya aku berlindung dengan ke-Ridhoan Engkau dari segala kemarahan Engkau dan dengan kesukaan Engkau memberi ma’af dari siksa Engkau. Dan aku berlindung dengan Engkau dari Engkau aku tidak dapat menghinggakan puji-pujian untuk Engkau, sebagaiman Engkau telah memuji diri Engkau”.
Do’a ini diriwayatkan oleh Muslim dan Ash-habus Sunan dari A’isyah. r.a. mendengar Nabi. S.a.w. membaca didalam Sujudnya.
3
اَلـلّــهُـــمَّ لَـكَ سَــجَــدْ تُ وَ بِـكَ ا مَــنْـتُ وَ لَـكَ اَسْــلَـمْـتُ سَـجَـدَ وَجْـحِـى لِـلَّـذِيْ خَـلَــقَــهُ وَ صَــوَّ رَ هُ وَ شَــقَّ سَــمْــعَــهُ وَ بَــصَـرَ هُ تَـــبَـارَ كَ الـلّـــــهُ اَحْـسَــنُ الْـخَـا لِــقِــيْــنَ
“Ya Tuhan-ku. Kepada Engkau aku Sujud. Kepada Engkau aku beriman. Kepada Engkau aku menyerah kan diriku, telah bersujud wajahku, diriku kepada Tuhan yang menjadikannya, yang merupakan, yang membelah pendengaran dan penglihatannya, Maha Besar Allah, sebaik-baik yang mengadakan pentaqdi ran”. (Ahmad. Muslim dari ‘Ali.r.a. dari Nabi.S.a.w.)
4
اَلـلّــهُـــمَّ اغْــفِـرْ لِى خَـطِــيْــئَــتِـى وَجَــهْـلِـى وَ اِسْـرَ ا فِـى فِى اَ مْـرِ ى وَ مَـااَ نْـتَ اَعْـلَــمُ بِـهِ مِـنِّـى. اَلـلّــهُـــمَّ اغْــفِــرْ لِى جِـدِّ ى وَ هَـزَ لِـى وَخَــطِــئِـى وَ عَــمْـدِى وَ كُـلُّ ذ لِـكَ عِــنْـدِ ى. اَلـلّــهُـــمَّ اغْـفِــرْ لِـى مَـا قَــدَّ مَتْ وَ مَـا اَخَـرْ تُ وَ مَـا اَسْـرَ رْ تُ وَ مَـا اَ عْــلَــنْـتُ اِ لــهِــيْ لاَ اِ لـــهَ اِ لاَّ اَ نْـتَ
“Wahai Tuha-ku. Ampunilah kebodohanku. Kesala hanku. Keborosanku, dalam segala urusanku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui-Nya dariku. Wahai Tuhan-ku ampunilah untukku segala apa yang aku kerjakan dengan sungguh-sungguh dan segala apa yang aku kerjakan dengan main-main, segala apa yang aku kerjakan dengan aku sengaja, semuanya itu ada padaku. Wahai Tuhan-ku. Ampunilah bagiku segala yang aku dahulukan, segala yang aku zahirkan. Eng kaulah Tuhan-ku, tak ada Tuhan yang lain selain dari Engkau”. (Kitab Jami’ush-Shoghir Juz I hal : 51)
5
اَلـلّــهُـــمَّ اجْــعَــلْ فِـى قَــلْـبِـى نُــوْ رً ا.وَ فِـى سَــمْـعِـى نُــوْ رً ا. وَ فِـى بَـصَـرِ ى نُــوْ رً ا. وَ عَنْ يَــمِــيْــنِـى نُــوْ رً ا. وَ عَـنْ شِـــمَـالِ نُــوْ رً ا. وَ مِنْ خَــلْــفِـى نُــوْ رً ا. وَ مِنْ أَ مَـامِـى نُــوْ رً ا. وَ مِنْ فَـوْ قِـى نُــوْ رً ا. وَ مِنْ تَـحْــتِـى نُــوْ رً ا. وَ مِنْ عَـصَـبِـى نُــوْ رً ا. وَ فِى دَ مِـى نُــوْ رً ا. وَ فِى لَـحْـمِـى نُــوْ رً ا.وَ فِـى شَـعْــرِ ى نُــوْ رً ا.وَ فِـى لِـسَـانِـى نُـوْ رً ا وَ فِـى يَـدِ ى نُــوْ رً ا.وَ فِـى رِ جْـلِ نُـوْ رً ا.وَ اجْـعَـلِ الْـبَصَـرِ ى نُــوْ رً ا بِــرَ حْــمَــتِــكَ يَـآ اَ رْ حَــمَ الـرَّ ا حِــمِــيْــنَ
“Ya Allah. semoga Engkau sinarkan Nuur-MU dalam Hatiku, begitu juga pada Telingaku, pada Mataku, pada Kiri dan Kananku, pada muka dan belakangku, atas dan bawahku. Pada Urat syarafku dan pada Darah dalam Dagingku, pada Rambut dan Lidahku, pada Kaki dan Tanganku, dan semoga Engkau jadikan Nuur itu pada semua pandangan dan Fikiranku, dengan Rahmat-MU Ya Allah Yang Maha Pengasih”. (al-Adzkar : 27)
6
رَبِّ اَعْـطِ نَــفْـسِـى تَــقْـوَ هَـا وَ زَ كِّـــهَـا اَ نْـتَ خَـيْـرُ مَنْ زَ كَّـاهَـا
“Wahai Tuhan-ku, berilah kepada diriku TAQWA dan Sucikanlah diriku. Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya”.
Do’a. sedekat-dekat Do’a hamba kepada Allah, ialah dikala Sujud. Oleh karena itu perbanyaklah Do’a didalamnya. Sebaiknya selalu dibuat disemua Sholat. Namun jita tak sanggup, lakukanlah disebagian waktu, dan mohonlah apa yang Anda kehendaki didalam Sujud.
PERINTAH UNTUK BERSUNGGUH-SUNGGUH BERDO’A KETIKA SUJUD
عَـنْ عَــبْـدِ الـلّـــهِ بْـنِ عَــبَّـاسٍ قَـالَ كَــشَــفَ رَ سُــوْ لُ الـلّــــهِ صَــلَّـى الـلّــــــــــــــــــــــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـــمَ الـسَّــتْــرَ وَ رَ أْ سُـــهُ مَــعْـصُـوْ بٌ فِى مْـرَ ضِــهِ الَّــذِ ى مَـاتَ فِــيْــهِ فَــقَـالَ اَلـلّــهُــــــــــــمَّ قَـدْ بـَـلَّــغْـتَ ثَــلاَ ثَ مَــرَ ا تٍ اَ نَّــــهُ لَـــمْ يَــبْــقَ مِنْ مُــبَــشِّـرَ اتِ الـنُّــبُــوَ ةِ اِ لاَّ الـرُّ ؤْ يَـاالـصَّـالِـحَــةِ يَـرَ اهَـا الْــعَــبْــدُ اَ وْ تَــرَ ى لَــــــهُ اَ لاَ وَ ا نِّــى قَــدْ نُــهِــيْـتُ عَنِ الْــقِــرَ اءَ ةِ فِى الـرُّ كُــوْ عِ وَ الـسُّـجُـــــــــوْ دِ فَــإِ ذَا رَ كَــعْـتُــمْ فَــعَــظِّــمُـوْ ا رَ بُّــكُــمْ وَ اِذَ ا سَـجَــدْ تُــمْ فَـاجْــتَــهِــدُوْ ا فِـى الـدُّ عَـا فَــإِ نَّـــهُ قَــمِــنٌ اَ نْ يَــسْــتَــجَـابَ لَــكُـــمْ
“Dari ‘Abdullah Ibnu ‘Abbas katanya :”Dikala Rasulul lah. S.a.w. sakit keras yang menyebabkan kematian (Wafat) Beliau, maka Beliau membuka tabir kamarnya dan krtika itu Beliau memakai ikat kepala. Ata Beliau : “Ya Allah, sesungguhnya aku telah menyampaikan ke pada mereka tugas risalahku. Ketahuilah bahwa aku dilarang untuk membaca Al-Qu-aan dalam Ruku’ dan Sujud, karena itu bila kalian sedang Ruku’, maka Agungkanlah Tuhan kalian, dan bila kalian sedang Sujud. Bersungguh-sungguhlah dalam Berdo’a, sebab disaat itu Do’a akan dikabulkan oleh Allah”. (Sunan An-Nasa’iy Juz I No 1093 Hal : 592)
ADAB DUDUK ANTARA DUA SUJUD
Apabila selesai memenuhi haq sujud dengan sempurna, selanjutnya bergerak kepada Duduk antara dua sujud., maka angkatlah kepala serta ber-Takbir dengan tidak mengangkat tangan sejajar Telinga
Tegasnya, bangunlah serentak dengan mebaca Tak bir untuk duduk, dengan memenuhi Adab Duduk, yaitu dilipat kedua betis rapat dengan Paha. Lalu dari tumit hingga ke-telapak kaki kiri dilipat arah ke Betis kiri, dan duduklah diatasnya. Dan serentak dengan itu, lipatlah kaki kanan dari tumit hingga telapak kaki kanan ditegakkan, serta merta jari-jari kaki tersebut di-arahkan menghadap ke-Qiblat.
Kemudian tangan kiri diletakkan pada Paha kiri. Demikian pula tangan kanan diletakkan pada Paha kanan, selanjutnya jari-jari tangan dilunjurkan kede pan dan ujung-ujung jari di sejajarkan dengan lipatan lutut. Jangan terlalu di julurkan kedepan, maupun terlalu ditarik jauh kebelakang. Duduk yang demikian ini dinamakan Duduk Iftirasy. (Duduk Tasyahud)
Setelah selesai melaksanakan yang Adab Duduk tersebut, barulah baca Istighfar, di antara Istighfar yang sering di ucapkan oleh Rasulullah. S.a.w. ialah
رَ بِّ ا غْــفِــرْ لِـى رَ بِّ ا غْــفِــرْ لِـى
1. “Tuhan-ku ampunilah Dosaku. Tuhan-ku ampunilah Dosaku”.
Do’a ini diriwayatkan oleh Abu Daud. An-Nasa’iy Ibnu Majah dari Hudzaifah.r.a. dari Nabi. S.a.w. -
Beliau membaca Do’a ini didalam Duduk antara dua sujudnya, dan mengulang-ulanginya samapai beberapa kali. dan hendaklah lama duduk antara dua sujud bersamaan dengan lamanya sujud, atau berpadanan dengan lamanya berdiri.
Dan terkadang Rasulullah. S.a.w. melamakan atau memanjangkan duduk, sehingga orang-orang menyangka bahwasanya Beliau telah lupa. Selanjutnya :
رَ بِّ اغْـفِـرْ لِـى وَ ارْحَـمْـنِـى وَ اجْـبُـرْ نِـى وَ اهْـدِ نِـى وَ ارْ زُ قْــنِـى
2. “Tuhan-ku. Ampunilah Dosaku. Kasihanilah aku. Dan tutupkanlah keaibanku. Tunjukilah aku kejalan yang lurus, dan berilah aku Rezki”.
Do’a ini diriwayatkan oleh Al-Baihaqi. At-Tur mudzy. Dari Ibnu ‘Abbas. r.a. dari Nabi. S.a.w. me nurut Rasulullah. S.a.w. membaca Do’a ini didalam Duduk antara dua sujudnya. (Kitab Al-Adzkar : 28)
رَ بِّ اغْـفِـرْ لِـى وَ ارْحَـمْـنِـى وَ اجْـبُـرْ نِـى وَ ارْفَــعْـنِـى وَ ارْ زُ قْـنِـى وَ اهْـدِ نِـى وَ عَـا فِــنِـى وَ عْـفُـعَــنِّـى
3. “Tuhan-ku. Ampunilah Dosaku. Dan kasihanilah aku. Dan tutupkanlah keaibanku. Dan angkatkan lah kedudukanku. Dan cuckupkanlah Rezkiku. Dan tunjukilah aku kejalan yang lurus. Dan ‘Afiatkanlah aku”.
Menurut riwayat Abu Daud dan Ibnu ‘Abbas. r.a. bahwasanya Nabi. S.a.w. membaca Do’a ini didalam Duduk antara dua sujudnya. (Kitab Al-Adzkar : 28)
ADAB SUJUD YANG KEDUA
Apabila telah sempurna duduk antara dua sujud, maka hendaklah sujud yang kedua, seraya ber-Takbir dan bergerak menuju sujud yang kedua, sebagaimana sifat-sifat sujud yang pertama.
Wahai saudaraku ! Jika yang pertama atau yang paling awal dinamakan Takbirotul Ihram. Maka yang kedua di namakan Takbir perpindahan dari Ru kun ke rukun itu. Dinamakan Takbir Intiqol (perpindahan), ini perlu di ingat, sebab pada suatu waktu mungkin anak-anak Anda akan bertanya, apa nama Takbir perpindahan antara Rukun ke Rukun ? untuk keadaan duduk tersebut mari kita lihat Hadits :
عَنْ عَـائِــشَــةَ قَـالَـتْ كَـانَ رَ سُـوْ لُ الـلّـــــهِ صَــلَـى الـلّـــــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ يَــسْــتَــفْــتَــحُ الـصَّــلاَ ةَ بِـالـتَّـكْــبِــيْـرِ وَ الْـقِـرَ اءَ ةَ بِـالْـحَـمْـدُ لِـلّـــهِ رَ بِّ الْــعَـالَـمِــيْـنَ وَ كَـانَ اِذَ ا رَ كَـــعَ لَــمْ يُـشْـخِـصْ رَ أْ سَـــهُ وَ لَــمْ يُــصَـوِّ بـْـهُ وَ لـكِــنْ بَــيْـنَ ذ لِـكَ وَ كَـانَ اِذَا رَ فَــعَ رَ أْ سَــهُ مِنَ الـرُّ كُــوْ عِ لَــمْ يَــسْــجُـدْ حَــتى يَــسْــتَــوِ يَ قَـا ئِــمًا وَ كَـانَ اِذَ ا رَ فَـعَ رَ أْسَـهُ مِنَ الـسَّـجْـدَ ةِ لَـمْ يَــسْـجُـدْ حَـتى يَــسْـتَــوِ يَ جَالِـسًا وَ كَـانَ يَــقُـوْ لُ فِى كُـلِّ رَ كَـــعْــتَـــيْـــنِ الــتَّحِـيَــــــــــةَ وَ كَـانَ يَــفْـرُ شُ رِجْـلَــهُ الْــيُــسْـرَى وَ يُــنْـصِبُ رِجْــلَــهُ الْــيُــمْــنَى وَ كَـانَ يَــنْــهَـى عَنْ عَــقْــبَــةِ الـشَّــيْـطَانِ وَ يَــنْـهَـى أَنْ يَــفْــتَــرَ شَ الـرَّ جُــلُ ذِ رَ ا عَــيْــهِ افْــتِــرَ ا شَ الـسُّــبْــحِ وَ كَـانَ يَـخْــتِــمُ الـصَّـلاَ ةَ بِـالـتَّـسْـلِـيْـــمَ
“Dari A’isyah. r.a. katanya :”Rasulullah. S.a.w. memulai Sholat dengan Takbir, kemudian membaca “Al-Hamdulillah Robbil ‘Alamiin”. Dan apabila Ruku’ kepalanya lurus, dan apabila bangun dari Ruku’, tegak lurus sebelum sujud. Dan apabila bangun dari sujud pertama. Duduk lurus sebelum sujud kedua. Dan tiap tiap dua raka’at dibacanya Tahyat. Dan Beliau duduk diatas kaki kirinya serta menegakkan telapak kakinya yang kanan. Nabi.S.a.w. melarang Duduk seperti Du duk Anjing, atau seseorang meletakkan dua tangannya seperti binatang buas. Dan Beliau menyudahi Sholat de ngan memberi Salam”. (Terjemah Shohih Muslim Juz I No 305 hal : 285)
Perhatikan benar-benar kalimat Hadits diatas. Di sana akan tergambar. Bahwasanya Thomak-Ninah yang dianjurkan pada rukun Tiga belas (Rukun Sholat) kiranya dari hadits ini diambil bahan bakunya. Bukan asal dibuat-buat oleh Ulama jaman dahulu saja.
Maka harapan kita kepada yang pernah belajar, kiranya perlu sekali memperhatikan Thoma’Ninah dan Tertib ketika melaksanakan Sholat. Jangan ……. Sholat seperti dikejar Jin Ifrit layaknya. Sebab sering kita lihat kebanyakan Manusia dalam melaksanakan Sholat sering terburu-buru. Entah mengejar apa mere ka ???
ADAB BANGKIT KERAKA’AT YANG KEDUA
Apabila telah selesai memenuhi haq sujud dengan sempurna, maka hendaklah bangkit serta merta ber-Takbir. Dan duduk sejenak (Duduk istirahat nama nya). Kemudian setelah duduk sejenak, banganlah berdiri untuk melaksanakan Raka’at yang kedua, de ngan sebaik-baik pelaksanaan.
Sebagaimana sifat pada Raka’at pertama. Namun … setelah membaca Al-Fatihah, maka sebaiknya bacalah Surah yang lebih pendek dari Surah pada Raka’at yang pertama, dan yang menurut tata tertib Al-Qur-aan.