18 December 2007

9. Nama-nama Al-Quran

1. Al-Qur-aan. Yang berarti "Bacaan"
Dalil untuk ini dapat kita lihat pada ayat berikut :

تِــلْـكَ ا يـتُ الْــقُـرْآنِ وَ كِـــتَـابِ مُّـبِـيْـنٍ

"Inilah ayat-ayat Al-Qur-aan. Dan Kitab yang memberi penerangan" (Q.S. An-Naml : 1)


وَ اِ نَّـكَ لَــتَــلَــقَّـى الْـقُـرْآنَ مِنْ لَـدُنْ حَـكِــيْمٍ عَـلِــيْـمٍ

"Dan sesungguhnya engkau diberi Al-Qur-aan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui". (Q.S. An-Naml : 6)


اِ نَّـا نَـحْـنُ نَــزَّ لْـــنَاعَــلَــيْـكَ الْــقُـرْآنَ تَـــنْــزِ يْــلاً

"Sesungguhnya KAMI menurunkan Al-Qur-aan kepadamu dengan berangsur-angsur". (Q.S. Al-Insaan / Ad-Dahri : 23)


مَـآ اَ نْــزَ لْــنَاعَـلَــيْـكَ الْـقُـرْآنَ لــِتَـسْــقى اِلاَّ تَـذْكِــرَ ةً لِّـمَـنْ يَّخْـشى

"KAMI tidak menurunkan Al-Qur-aan ini kepadamu untuk menyusahkanmu". "Tetapi Peringatan bagi orang-orang yang takut (kepada Allah)" (Q.S. Thoohaa : 2 - 3)


وَ رَ تّـِـلِ الْـقُـرْآنَ تَــرْ تـِــيْـلاً

“Dan bacalah Al-Qur-aan dengan perlahan-lahan !”. (Q.S. Al-Muzammil : 4)


……… فَـاقْـرَءُوْا مَا تَــيَـسَّــرَ مِنَ الْـقُـرْآنِ

“… Maka bacalah mana yang mudah dari Al-Qur-aan". (Q.S. Al-Muzammil : 20)


وَ نُــنَـزِّ لُ مِنَ الْـقُـرْآنِ مَـاهُوَ شِفآ ءٌ وَّرَحْمَـةٌ لّـِلْــمُؤْ مِـنِـيْـنَ ……

"Dan KAMI turunkan Al-Qur-aan itu. Menjadi Penawar Hati dan Rahmat bagi orang-orang Mukmin …… " (Q.S. Al-Israa’ : 82)


وَ لَــقَـدْ ا تَــيْــنَاكَ سَــبْــعًا مِّنَ الْـمَــثَـانِـيْ وَ الْـقُــرْآنَ الْـعَـظِـيْـمً


"Dan sesungguhnya KAMI telah memberikan kepada engkau (Muhammad) Tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang (Al-Fatihah) Dan Al-Qur-aan yang agung" (Q.S. Al-Hijr : 87)


……… قَـــقَا لُــوْآ اِ نَّـا سَـمِـعْــنَـا قُـرْآ نًـا عَــجَــبًا

“Maka mereka berkata, "Sesungguhnya kami mendengar (bacaan) Al-Qur-aan yang mena’jubkan". (Q.S. Al-Jin : 1)


اِ نَّــه لَــقُـرْآ نٌ كَـرِ يْـمٌ.فـِيْ كِــتَابِ مَّـكْــنُوْنَ.لاَ يــَّـمَــــُّـه اِلاَّ الْـمُطَــهَّـرُوْنَ تَـــنْـزِ يْــلٌ مِّنْ رَّبِّ الْـعَـالَـمِـيْـنَ. اَ فَـبِــهَــذَاالْـحَـدِ يْثُ اَ نْــتُـمْ مُّـدْهِنُوْ نَ

"Sesungguhnya itu adalah Al-Qur-aan yang mulia. Didalam Kitab yang dipelihara dengan baik. Tidak ada yang boleh menyentuhnya, kecuali orang yang Suci-suci". Apakah Al-Qur-aan ini kamu anggap enteng saja". (Q.S. Al-Waqi’ah : 77 s/d 81)


وَ اَذصَرَ فْــنَآ اِلَــيْـكَ نَــفَــرًا مِّنَ الْجِـنِّ يَـسْـتَــمِـعُـوْنَ الْـقُـرْ آنَ ………

"(Ingatlah) Ketika KAMI hadapkan kepada engkau serombongan Jin yang mendengar (bacaan) Al-Qur-aan”. (Q.S.Al-Ahqoof : 29)

قُـلْ لَــئِـنِ اجْـتَــمَـعْتِ اْلاِ نْــسُ وَ الْـجِـنُّ عَـلى اَنْ يَّــأْ تُــوْا بِـمِـثْــــــــــــــلِ هذَالْـقُـرْآنِ لاَ يَـأْ تُـوْنَ بِــمِثْـــلِـهِ وَ لَـوْ كَانَ بــَعْـضُــهُـمْ.لـِـبَـعْـضٍ ظَـهِـيْـرًا وَلَــقَـدْصَـرَ فْــنَالـِلــنَّاسِ فِـيْ هذَاالْــقُـرْآنِ مِنْ كُـلِّ مَــثَــــــــــــــلِ فَــاَبِى اَ كْــثَــرُ الــنَّاسِ اِلاَّ كَــفُـوْ رًا

“Katakanlah ! “Sesungguhnya jika Manusia dan Jin berkumpul untuk membuat seperti Al-Qur-aan ini. Pasti mereka tidak akan mampu membuat yang serupa. Sekalipun mereka bergotong royong (untuk membuatnya)”. “Sesungguhnya telah KAMI jelaskan dalam Al-Qur-aan ini. Berbagai perumpamaan (berulang kali). Tetapi kebanyakan manusia memungkirinya”. (Q.S. Al-Israa’ : 88 - 89)

2. Kitabullah. Dalil untuk ini kita lihat pada surah :


ذلـِكَ الْـكِــتَـابُ لاَ رَ يْـبَ فِــيْــهِ هُـدًى لّـِلْـمُـتَّــقِــيْـنَ

“Itu (Kitabullah). Tidak disangsikan lagi (kebenarannya). Dan menjadi petunjuk bagi orang-orang yang Taqwa” (Q.S. Al-Baqarah : 2)


اَ فَـغَـيْـرَ الـلّـــهِ اَ بْـتَـغِـيْ حَـكَــمًاوَّهُـوَ الَّـذِيْ اَ نْــزَ لَ اِلَــيْـكُـمُ ا لْـكِــتَابَ مُــفَـصَّــلاً وَ الَّـذِ يْـنَ ا تَـــيْـنــهُمُ الْـكِــتابَ يَــعْــلَـمُ نَ اِ نَّــه مُــنَـزَّ لٌ مِّـنْ رَّ بِّّـكَ بِـالْـحَـقِّ فَـلاَ تَــكُــوْ نَــنَّ مِنَ الْـمُمْــتَــرِ يْــنَ

“Apakah pantas aku angkat menjadi hakim, selain dari Allah? Padahal DIA-lah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur-aan) kepadamu dengan lengkap. (isinya menerangkan segala sesuatu yang diperlukan umat manusia). Dan setiap orang yang KAMI turunkan Kitab kepadanya mengetahui bahwa Al-Qur-aan itu, diturunkan dari Tuhan-mu dengan Haq (pasti kebenarannya). Maka jangan sekali-kali kamu masuk kedalam golongan orang yang ragu-ragu (bimbang)" (Q.S. Al-An’aam : 114)


وَ الْــكِـــتَـابِ الْــمُـبِـيْـنُ

"Demi Kitab (Al-Qur-aan) yang memberikan penjelasan". (Q.S. Ad-Dukhon : 2)


3. Al-Furqoon. Artinya "Pembeda"
Yaitu membedakan yang benar dan yang batil :


تَــبَـرَ كَ الَّذِيْ نَــزَّلَ الْـفُـرْ قَانَ عَـلىَ عَــبْـدِ هِ لِــيَكُــوْنَ لـِلْـعَالَـمِـيْـنَ نَــذِ يْـرَا

"Sangat Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqoon kepada hamba-Nya (Muhammad). Agar ia memberi peringatan kepada seluruh ‘Alam".
(Q. Al-Furqoon : 1)

4. Adz-Zikr. "Peringatan". Bagi orang yang beriman kepada Allah.


اِ نَّـا نَـحْـنُ نَــزَّ لْــنَاذِكْــرَ وَ اِ نَّـا لَــه لَـحـفِـظُـوْ نَ

"Sesungguhnya KAMI-lah yang menurunkan Az-Zikra. (Al-Qur-aan) Dan sesungguhnya KAMI pula yang memeliharanya". (Q.S. Al-Hijr : 9)


بِـالْـبَـيِّـنَاتِ وَالـزُّ بـُرِوَ اَ نْـزَ لْــنَا اِلَـيْـكَ الذِّكْـرَ لـِتُـــبَــيِّـنَ لـِلـنَّاسِ مَـا نَــزِّ لَ اِلَــيْــهِـمْ وَ لَــعَـلَّــهُـمْ يـَـتَــفَــكَّـرُوْنَ

"(Rasul-rasul itu KAMI utus). Membawa keterangan-keterangan (Mu’jizat-mu’jizat) dan Kitab-kitab. Dan kepadamu (Muhammad) KAMI turunkan Az-Zikro (Al-Qur-aan). Agar kamu terangkan kepada semua umat manusia (isi Al-Qur-aan) yang diturunkan kepada mereka. Dan supaya mereka mau memikirkannya". (Q.S. An-Nahl : 44)

Selain dari nama-nama tersebut, masih ada lagi nama bagi Al-Qur-aan. Imam As-Suyuthi dalam Kitabnya berjudul : Al-Itqoon. Menyebutkan beberapa nama. Di antaranya :"Al-Mubiin", "Al-Kariim", "Al-Kalam", "An-Nuur". Dan yang paling tenar nama Kitab tersebut adalah "Al-Qur-aan".

0 comments: