03 March 2008

18. Beberapa Waktu yang Dilarang untuk Sholat

Ada waktu-waktu yang dilarang (Makruh) bagi orang yang melaksanakan Sholat Sunat yang tiada sebab yaitu
1. Sesudah Sholat Subuh hingga matahari agak tinggi.
2. Ketika matahari sedang tepat di puncak ketinggiannya, sehingga tergelincirnya. Kecuali pada Hari Jum ’at. Ketika orang masuk Masjid untuk melaksanakan Sholat Tahiyatul Masjid.
3. Sesudah selesai Sholat ‘Ashar sehingga terbenamnya matahari.
4. Ketika terbit matahari, sehingga naik setombak atau sepanjang lembing.
5. Ketika matahari sedang terbenam, sampai sempura terbenamnya.

ثَــلاَثُ سَاعَـاتٍ كَـانَ يـَـنْــهَـانَـارَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَـلَّى الـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ أَنْ نُـصَــلِّـى فِــيْــهِـنَّ أَوْنَــقْــبُـرَ فِــيْــهِـنَّ أَمْـوَا تــِـنَا: حِـيْـنَ تَـطْــلُـعُ الـشَّمْسُ بَـازَغَـةً حَــتَّى تَــرْ تَـــفِــعَ، وَحِـيْـنَ يَــقُـوْ مُ قَـائِــمُ الظَّـهِــيْـرَ ةِ حَــتَّى تَـمِـيْــلَ الـشَّـمْسُ، وَحِـيْـنَ تَـضَــيَّـفُ الشَّـمْسُ لـِلْـخُــرُ وْ ب

“Nabi Saw. melarang kita melaksanakan Sholat dan menguburkan Mayit-mayit kita pada saat : Matahari terbit sehingga Matahari (agak) tinggi. Dan Ketika tengah hari sedang berlangsung. Sehingga condong ke Barat. Dan ketika Matahari condong Terbenam”. (H.R. Muslim)

إِنَّ الشَّـمْسَ تَـطْــلُــعُ وَ مَـعَــهَاقَــرْنَ الشَّــيْطَانِ، قَـإِذَ ااَرْ تَــفَـعَتْ فَارَ قَــهَـا،فَـإِذَااسْــتَــوَتْ قَـارَ نَــهَـا، فَـإِذَ ازَا لَــتْ فَارَ قَــهَـا، فَـإِذَادَ نَـتَ لـِلْــخُــرُوْبِ قَـارَ نَـــهَا، فَـإِ ذَ اغَـرَ بَـتْ فَارَ قَــــهَا

“Matahari sedang terbit itu. Tanduk Setan menyertainya. Apabila Matahari sudah mulai tinggi. Maka Setan berpindah. Dan apabila Matahari sedang di tengah-tengah (Istiwa’). Maka Setan menyertainya. Begitu sudah condong, maka Setan berpisah. Apa bila Matahri terbenam. Maka Setan menyertainya. Apabila sudah terbenam. Maka Setan berpisah”. (H.R. Asy-Sayfi’i)

Yang dimaksud dengan “Tanduk Setan” menyertainya, ialah Setan mendekatkan dirinya ke arah matahari agar disembah oleh manusia.
Dua Hadits diatas kita petik dari Hadits“Terjemah Khulasah Kifayatul Akhyar” Drs. Moh.Rifa’i, dan Moh. Zuhri. Drs. Salomon Penerbit CV Toha Putra Semarang.
Dalam sebuah Hadits yang lain :

عَـنْ أَبِـى سَـعِـيْـدِالْخُـدْريِّ رَضِيَ الـلّـــهُ عَــنْـهُ قَالَ : سَمِـعْتُ رَسُـوْ لُ الـلّـــــهِ صَـلَّى الـلّـــــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَـلَّـمَ يَـــقُـوْ لُ: لاَصَـلاَ ةَ بَــعْـدَ الصُّــبْــحِ حَــتَّى تَــطْــلُـــعُ الـشَّــمْسَ، وَ لاَصَــــــــــلاَ ةَ بَــعْـدَ الْـعَـصْرِ حَــتَّى تَــغِــيْـبَ الشَّـمْسَ


“Dari Abu Sa’id Al-Khudriyyi Ra. ia berkata : Saya telah mendengar Rasulullah Saw. bersabda : Tidak ada Sholat sehabis Sholat Subuh, sehingga terbit Matahari. Dan tidak ada Sholat setelah Sholat ‘Ashar, sehingga terbenamnya Matahari”. (H.R. Bukhari - Muslim)

Keterangan :
Yang dimaksud dengan larangan melaksanakan Sholat pada waktu-waktu tersebut, ialah larangan Sholat sunat yang tidak ditentukan waktunya kecuali Sholat Tahiyatul Masjid.
Tuntunan Ibadah Sholat itu sebenarnya sangat lapang. Walaupun di sana dikatakan bahwa sebaik-baik Sholat pada awal waktu. Namun boleh juga kita laksanakan Sholat di pertengahan waktu, atau pada akhir waktu, tetapi masih cukup waktu untuk melaksanakan Sholat itu. Yang demikian itu kalau memang waktu untuk Sholat tersebut tersita oleh keadaan yang sangat mendesak. Dan Haram hukumnya bagi seseorang yang melaksanakan Sholat di luar waktu yang telah ditentukan. Perhatikan Hadits :

عَـنِ بـْنِ مَـسْــعُــوْدٍ رَضِيَّ الـلّـــهُ عَــنْـهُ قَالَ : قَالَ رَسُــوْ لُ الـلّــــــــهِ صَــلَّى الـلّـــــــهُ عَــلَــيْـهِ وَ سَــلَّـمَ ، أَ فْـضَـلُ اْ لأَ عْـمَالِ الصَّـــــــــــلاَ ةُ فـِى أَ وَّ لَ وَ قْـــتِـــهَـا


“Dari Ibnu Mas’ud Ra. telah bersabda Rasulullah Saw : Seutama-utama ‘Amal Ibadah, ialah Sholat yang dilaksanakan pada awal waktunya". (H.R. At-Turmudzy & Al-Hakim)

0 comments: