25 March 2008

23. Sunnat-sunnat Sebelum dan Sesudah Sholat

1. Azan dan Iqomat.
2. Dalam melakukan Sholat.
3. Sesudah Selesai Sholat.

1. Azan dan Iqomat.
Jika waktu Sholat telah sampai, maka salah seorang diantara mereka yang akan berjama’ah, hendaklah mengumandangkan Azan. Sebagai tanda panggilan kepada teman yang mau melaksanakan Sholat. Dan jika Sholat sudah akan dimulai, maka hendaklah salah seorang dari mereka mengucapkan Iqomat.
Azan dan Iqomat hukumnya Sunnah Muakad bagi Sholat Fardhu. Baik berjama’ah maupun sendirian. Meskipun sudah terlambat waktunya. Dan Azan itu sunnah diserukan dengan suara keras. “Kecuali di Masjid yang telah dilakukan Azan. Dan Sholat berjama’ah” Dan melaksanakan Azan tersebut, harus dengan berdiri menghadap Qiblat. Rasulullah Saw. telah bersabda :

عَنْ مَالـِكِ ابْنِ الْحُـوَ يـْرِثِ رَضِيَ الـلّــهُ عَــنْـهُ قَالَ : قَالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَـلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَـــلَّـمَ : إِذَ احَـضَـرَ ةِ الصَّـلاَ ةُ فَــلْــيُــؤَ ذِنُ لــكُمْ أَحَـدُ كُـمْ

“Dari Malik bin Huwairits Ra. ia berkata : Telah bersabda Rasulullah Saw. kepada kami :”Bila waktu Sholat telah sampai. Maka hendaklah salah seorang di antara kamu melakukan Azan bagimu”. (H.R. Al-Bukhari & Muslim)

Azan dan Qomat itu disunatkan hanya untuk Sholat Fardhu saja. Adapun untuk Sholat-sholat sunat yang disunatkan berjama’ah, seperti Sholat Idul Fitri atau Sholat Idul Adha dan Sholat Tarawih atau Sholat Fardhu Kifayah cukuplah dengan seruan :

أَ لـصَّـــــلاَ ةُ الـجَـا مِـــعَــــةٌ

“Marilah kita Sholat berjama’ah (Bersama-sama)”

Wahai saudara-saudaraku yang terhormat. Sekedar cerita..
Pada suatu masa, kami turut mensholatkan salah seorang Jenazah di kampung kami. Dan Ustadz yang mau meng-Imami Sholat tersebut berkata : ”Qomat Qomat”. Tiba-tiba datang sambil berlari kecil seorang yang sudah berusia lanjut. Dan orang itu melantunkan Qomat seperti orang melakukan Sholat Fardhu. Maka yang lain jadi ternganga mulutnya serta terbingung bingung. Maka dengan perasaan segan saya dekati orang tua tersebut. Lalu saya katakan : "Pak, Bukan begitu cara Qomat untuk Fardhu Kifayah”. Untung saja Bapak itu mau mengerti, maka Qomat tersebut digantikan oleh orang lain, sesuai dengan Qomat yang biasa dibawakan pada setiap Sholat mayit. Demikianlah. Jika kita kurang ilmu, tetapi berambisi untuk tampil. Maka sebaiknya pelajarilah seluk beluk Agama itu dengan baik. Baru tampil ke muka umum.

Disyari'atkannya Azan.

Azan disyari’atkan sejak mulai pertama Hijrah. Sebab-sebabnya antara lain :

كَانَ الْـمُسْلِـمُوْنَ يَجْـتَـمِعُـوْ فَــيَـتَحَــيَّــنُـوْنَ الصَّــلاَ ةَ وَ لَــيْـسَ يـُــنَادِى بِــــهَـاأَحَـدٌ، فَــتَــكَـــلَّـمُـوْا يَــوْ مَـافِيْ ذلـِكَ، فَـــقَالَ بَــعْـضُـــهُـمْ : إِ تَّــخَــذُوْا نَـا قُـوْ سًامِـثْــلَ نَـاقَـوْ سٍ الـنَّـصَارى، وَ قَالَ بَــعْـضُـهُـمْ : بَــلْ قَـرْ نَـا مِــثْــلَ قَــرْنِ الْــيَــهُــوْ دِ، فَـــقَالَ عُـمَـرَ : أَوْ لاَ تَـــبْـعَــثُـــوْنَ رَجُـلاً يـُــنَادِى بِـالصَّـــلاَ ةٍ ؟ فَـقَالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــــهِ صَــلَّى الـلّــــــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ : يَـا بِــلاَ لُ قُــمْ فَـــنَـادى بِـالـصَّـــلاَ ةِ

“Pada waktu itu orang-orang Islam berkumpul-kumpul. Dan mengira-ngira waktu Sholat tidak ada seorangpun yang menyerukannya. Pada suatu hari mereka membicarakan hal itu. Maka di antara mereka ada yang berbicara : “Pergunakan saja Genta (Lonceng) seperti Kaum Nashrani. Dan berbicara yang lain : “Lebih baik menggunakan Tanduk (buat) Sangka-kala (Terompet) seperti orang-orang Yahudi. Maka Sahabat ‘Umar Ra. berkata : “Mengapa tidak disuruh saja orang untuk menyeru kepada Sholat ? Kemudian Rasulullah Saw. bersabda: “Hai Bilal Bangunlah dan serukan Azan”. (H.R. Al-Bukhari dan Ahmad)

Dalam Hadits yang lain :

عَـنْ عَــبْـدِالـلّـــهِ بْـنِ زَ يْدِ بْـنِ عَـبْـدِ رَ بـِّهِ قَالَ : طَافَ بـِى" وَ أَ نَـا نَـا ئِـمٌ " رَجُـلٌ فَـقَالَ : أَ لـلّـــــهُ أَ كْـــبَــرُ . أَ لـلّـــــهُ أَ كْـــبَــرُ . فَـذَ كَــرَ اْلأَ ذَ انَ بِــتَــرْ بِـــيْــعِ الـتَّــكْــبِــيْــرِ بـِـغَــيْـرِ تَــرْجِـــيْــعِ ، وَ اْلإِ قَامَــةَ فُـرَ ادى ، إِلاَّ قَـدْ قَـا مَتِ الصَّــلاَ ةُ ، قَالَ : فَــلَــمَّا أَ صْــبَـحْـتُ أَ تَـــيْـتَ رَسُـوْ لُ الـلّــــــــهِ صَــلَّى الـلّـــــــهُ عَــلَـــيْــهِ وَ سَــلَّــمَ فَــقَالَ : إِ نَّـــهَا لَــرُ ؤْ يَـاحَــقٍّ

“Dari ‘Abdullah bin Zaid Ra. berkata : “Ketika saya sedang tidur (melihat dalam mimpi), Ada seorang Laki laki berkeliling sambil mengucapkan :”Allahu Akbar-Allahu Akbar”. Kemudian ‘Abdullah bin Zaid menyerukan Azan dengan Empat Takbir. Tanpa di-ulang. Kemudian ia Qomat dengan satu kali-satu kali. Kecuali Lafaz :”Qodqoomatish-Sholah”. Lalu setelah pagi saya menghadap Rasulullah Saw. Maka Rasulullah Saw. bersabda :”Sesungguhnya mimpi itu adalah mimpi yang benar”.
(H.R. Ahmad. Abu Daud. Disahkan oleh At-Tur mudzy. Dari Ibnu Khuzaimah Ra. Namun ketika kita teliti pada Kitab Bulughul Maram. Pada Hadits Nomor 215 Menyatakan bahwa Hadits tersebut adalah Hadits Dho’if / lemah).
Dalam riwayat yang lain :

عَـنْ أَبِـى مَحْـذُوْرَ ةَ أَنَّ نَّــبِـيَّ الـلّــــهِ صَـلَّى الـلّــــهُ عَـلَــيْــهِ وَسَـــلَّـمَ عَــلَّــمَـهُ هـذَااْلأَ ذَانَ اَلـلّــــهُ أَ كْـــبَــرُ اَ لـلّـــهُ أَ كْـــبَـرُ . أَ شْــهَـدُ أَنْ لاَ اِلـــهَ اِلاَّ الـلّــــــــهُ . أَ شْــهَــدُ أَنْ لاَ اِلـــهَ اِلاَّ الـلّــــــــهُ . أَ شْــهَـدُ أَنَّ مُحَــمَّـدً ا رَّسُـوْ لُ الـلّـــــــــهُ . أَ شْــهَـدُ أَنَّ مُحَـمَّـدًا رَّسُــوْ لُ الـلّــــهُ . حَـيَّ عَـلَى الصَّــلاَ ةَ مَـرَّ تَــيْــنِ.حَـيَّ عَــلَى الْــفَـــلاَ حِ مَـرَّ تَـــيْـنِ. زَادَ ا إِ سْحـقُ أَلـلّـــــهُ أَ كْــبَــرُ الـلّــــهُ أَ كْـــبَــرُ . لاَ اِ لـــــهَ اِ لاَّ الـلّـــــــهُ.

"Dari Abu Mahzurah. Katanya :”Bahwa Nabi. Saw. Mengajarkan kepadanya ini Azan. “Allahu Akbar. Allahu Akbar”. 2 x “Asyhadu allaa-Ilaa- Haillal lah”. 2 x “Asyhadu Anna Muhammadar-Rosulul lah”. 2 x “Haiyya ‘alas-Sholaah”. 2 x “Haiyya ‘alal Falaah”. 2 x “Allahu Akbar. Allahu Akbar 2 x “Laa-Ilaaha-Illallah”. (Shohih Muslim Juz I Halaman : 238)
Hadits yang lain :

عَنِ ا بْـنِ عُـمَـرَ ةَ قَالَ كَانَ لِـرَسُــوْلُ الـلّــــهِ صَـلَّى الـلّــــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَـلَّـمَ { مُـؤَ ذِ نَـانِ بِــلاَ لٌ وَ ابْـنِ أ مِّ مَـكْــتُـــوْ مٍ اْلأَ عْـمـى

“Dari Ibnu “Umar Ra. katanya :”Rasulullah Saw. mempunyai dua orang tukang Azan, yaitu : “Bilal dan Ibnu Maktum yang Buta”. (H.R Muslim Juz I :239)

وَ لاِ بْـنِ خُزَ يْـمَـةَ عَنْ أَ نَـسٍ رَضِـيَّ الـلّـــهُ عَــنْـهُ قَالَ : مِنَ السُّــنَــةِ إِ ذَا قَالَ الـمُـؤَ ذِنُ فِى الْــفَـجْـرِ : حَـيَّ عَـلَى الْـفَــلاَ حِ قَالَ : أَ لـصَّـلاَ ةُ خَــيْــرٌ مِنَ الــنَّــوْ مِ

"Dan bagi Ibnu Khuzaimah Ra. dari Anas Ra. berkata ”Termasuk Sunnah jika Mu’azzin Menyerukan Azan Subuh. : Haiyya ‘Alas-Sholaah”. Kemudian dilanjut kan dengan ucapan “Ash-Sholaatu Khoirum-Minan naum”. (H.R. Al-Bukhari)

Keutamaan Azan.
“Tiada makhluq apapun. Baik Manusia, Jin atau lainnya yang mendengar seruan Mu’azin, kecuali ia pasti akan menjadi saksi bagi si Mu’azin pada hari Qiyamat”. (H.R. Al-Bukhari dan An-Nasa’iy)
“Kekuasaan Allah Yang Maha Pengasih senantiasa di atas kepala seorang Mu’azin sampai ia selesai dari Azannya” (H.R.At-Tabrany dalam kitab Al-Aushath)
Jawaban Pendengar Ucapan Mu’azin

اَ لـلّـــــــهُ اَ كْـــبَــرُ اَ لـلّـــــــهُ اَ كْـــبَــرُ
Sama dengan ucapan Mu’azin
2 x

أَ شْــهَـدُ أنْ لاَ اِ لــهَ إِ لاَّ الـلّــــــــــــــــــــــهُ
Sama dengan Ucapan Mu’azin
2 x

أَ شْــهَــدُ اَنَّ مُـحَــمَّــدًارَّسُــوْ لُ الـلّـــــــهُ
Sama dengan ucapan Mu’azin
2 x

حَـيَّ عَــلىَ الـصَّـــــــلاَ ةْ
لاَحَوْ لَ وَ لاَ قُـوَّ اةَ اِلاَّ بِـاللهِ الْـعَـلِـيّ الْـعَـظِــيْـمِ
2 x

حَـيَّ عَــلَى الْــفَـــــــلاَ ةْ
لاَحَوْ لَ وَ لاَ قُـوَّ اةَ اِلاَّ بِـاللهِ الْـعَـلِـيّ الْـعَـظِــيْـمِ
2 x

اَ لـلّـــــــهُ اَ كْــبَــرُ اَ لـلّـــــــهُ اَ كْــبَــرُ
Sama dengan ucapan Mu’azin
2 x

لاَ اِ لـــهَ اِ لاَّ الـلّـــــــهُ
Sama dengan ucapan Mu’azin
2 x

اَلـصَّـــلاَ ةُ خَــيْــرٌ مِّـنَ الـنَّـــوْ مٌ
صَـدَ قْتَ وَ بَـرَرْتَ وَ أَ نَـا عَـلَى ذ لـِكَ مِنَ الــشَّاهِـدِ يْـنَ
Benar engkau telah berbuat baik. Dan saya
diantara orang-orang yang menjadi saksi
2 x

وَ لـِـمُـسْــلِـمٍ عَـنْ عُـمَـرَ رَضِيَّ الـلّــــهُ عَــنْــهُ فِى فَـضْـلِ الْـقَــوْ لِ كَـــمَا يَــقُــوْ لُ الْــمُـؤَ ذِنُ كَــلِــمَــةً - كَـــلِــمَــةً سِــوَى الْـحَــيْــعَــلَـــتَــــيْــنِ فَــيَــقُــوْ لُ : لاَحَـوْ لَ وَ لاَ قُــوَّ ا ةَ إِ لاَّ بِـالــلّـــــــهِ


“Dan pada Riwayat Muslim dari ‘Umar Ra. tentang keutamaan ucapan (pendengar) seperti yang diucapan para Mu’azin. Satu kalimat - satu kalimat. Kecuali pada “Haiyya ‘Alatain”. Harus dengan sambutan “Laa haulaa Walaa Quwwata Illa Billah”. (H.R. Shohih Muslim)

Pelajaran yang demikian ini diterangkan di sini, karena menurut pengalaman, mungkin pada suatu ketika Tulisan ini ditemukan oleh mereka-mereka yang benar-benar ingin mempelajari Islam. Namun untuk belajar ia merasa malu dan enggan. Semoga dengan membaca Risalah ini mereka akan tertarik, dan kemudian mempelajari Islam secara mendalam kepada Mursyidnya. Bahkan tidak kurang orang Islam sendiri masih samar dalam memahami masalah Sunnah sebelum Sholat atau Sunnah sesudah Sholat. Dipersilahkan menambah pengetahuan.

0 comments: