04 February 2008

23. Cara Mandi

Kita semua sangat yakin. Bahwa Tuan dan Puan semua telah banyak mengetahui Tata-cara dan Adab Mandi Junub/ Janabat ini. Tetapi tidak ada salahnya jika kita rangkumkan jua masalah ini. Demi untuk mengingatkan bagi yang lupa. Dan sebagai pegangan bagi yang belum tahu, yaitu bagi Anak Cucu kita. Karena masalah mandi Junub ini sangat rawan jika kita perhatikan perkembangan Zaman Modern sekarang ini. Kita kutipkan. Dimulai dari hadits dari A’isyah r.a. :

وَ عَنْ عَائِــشَــةَ رَضِيَ الـلّـــهُ عَــنْــهَا قَـالَتْ : كَانَ رَ سُـوْ لُ الـلّـــهِ صَـلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ. إِذَا اغْــتَـسَــلَ مِنَ الْـجَــنَّا بـَــة ِ يَــبْــدَ أُ فَــيَــغْــسِـلُ يَــدَ يْــهِ، ثُــمَّ يَــفْـرِ غُ بِــيَــمِــيْــنِــهِ عَــلَى شِـمَالِــهِ، فَــيَــغْــسِــلُ فَـرْ جَــهُ، ثُــمَّ يـَــتَــوَضَّــأُ، ثُــمَّ يَــأْجُـذُ الْــمَاءَ فَــيَــدْ خُــلُ أَصَـا بِــعَــهُ فِيْ أُ ضُـوْ لِ الـشَّــعْـرِ، ثُــمَّ حَــفَـنَ عَـلَى رَ أْ سِــهِ ثَــلاَ ثَ حَــفَــنَاتٍ، ثُــمَّ أَ فَـاضَ عَـلَى سَـأئِـرِ جَــسَــدِ هِ، ثُــمَّ غْــسَــلَ رِ جْــلَــيْــه ِ `

“Dari A’isyah r.a. katanya :”Rasulullah Saw. bila Mandi dari Janabat, mulai Membasuh kedua Tangannya. Kemudian Menumpahkan Air dengan Tangan kanannya kepada Tangan Kiri. Lalu Membasuh Kemaluannya. Kemudian Berwudhuk (Kecuali Membasuh kedua Kakinya. Karena Sesungguhnya Mencucinya dikemudiankan). Kemudian mengambil Air. Lalu memasukkan Jari-jarinya kepangkal-pangkal Rambut. Kemudian Menyiram Kepalanya dengan Tiga Gayung Air. Kemudian Beliau Menyiram seluruh Tubuhnya. Kemudian Membasuh kedua Kakinya”.
(Lafaz hadits dalam Riwayat Muslim. Bulughul Maram : 55)

Dan kita perhatikan Hadits yang lain :

عَنْ عَائِــشَـةَ رَضِيَ الـلّـــهُ عَــنْــهَا قَـالَتْ، كَانَ رَ سُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْـهِ وَ سَــلَّـمَ : إِذَا اغْــتَــسَــلَ مِنَ الْــجَــنَا بَــةِ يـَـــبَــدَ أُ فَــيَــغْــسِــلُ يَــدَ يـْـهِ، ثُــمَّ يـَـفْـــَرغُ بِــيَــمِــيْــنِــهِ عَـلَى شِــمَالِــهِ فَــيَــغْــسِــلُ فَــرْ جَــهُ، ثُــمَّ يـَـتَــوَ ضَّــأُ وُضُـوْ أَ هُ للِـصَّــلاَ ةِ، ثُــمَّ يَــأْخُــذُ الْــمَـآءَ فَــيُــدْ خِــلُ أَصَا بِــعَــهُ فِى أُصُـوْ لِ الـشَّــعْـرِ حَــتَّى إِذَا رَ أَى أَنْ قَـدِاسْــتَــبْــرَ أَحَـفَـنَ عَــلَى رَ أْسِـهِ ثَـلاَ ثَ حَـفَــنَاتٍ، ثُــمَّ أَ فَـاضَ عَـلَى سَائِــرِ جَــسَـدِ هِ، ثُــمَّ غَــسَــلَ رِجْــلَــيْــهِِ `

“Dari A’isyah r.a. katanya :”Adalah Rasulullah Saw. apa bila Mandi Junub. Dimulai dengan Membasuh Dua Tangannya. Kemudian dituangkannya Air dengan Kanannya kebagian Kirinya. Lalu Membasuh Kemaluannya. Kemudian BerWudhu'. Seperti akan Sholat. Kemudian diambilnya Air lalu Memasukkan Jarinya ke Akar-akar Rambut hingga basah seluruhnya, dan disauknya Air keseluruh Tubuhnya. Akhirnya Baliau Membersihkan Dua Kakinya”. (H.R. Muslim Juz I Halaman : 213)

Berwudhu' sebelum mandi.

عَنْ عَائِــشَـةَ زَ وْ جِ الـنَّـبِـيِّ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ، أَنَّ الـنَّـبِـيَّ صَـلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ، كَانَ إِذَا اغْــتَــسَـلَ مِنَ الْــجَــنَا بَــةِ بَـدَ أَ فَــغَـسَـلَ يَــدَ يْــهِ، ثُـمَّ يـَـتَـــوَ ضَــأَ كَــمَا يـَـــتَــوَضَــأُ لِلـصَّــلاَ ةِ، ثُــمَّ يـُـدْخِـلُ أَصَـابِــعَــهُ فِى الْــمَاءِ فَــيُـخَــلِّــلُ بِــهَا أُصُـوْ لِ شَــعْــرِ هِ، ثُـمَّ يَــصُبُّ عَــلَى رَ أْ سِــهِ ثَــلاَ ثَ غُـرَ فٍ بِــيَــدِ يْــهِ، ثُـمَّ يـُــفِــيْـضُ الْــمَاءَ عَــلَى جِـلْــدِ هِ كُــلِّــهَ `

“Dari A’isyah r.a. istri Nabi Saw. Bahwasanya apabila Nabi Saw. Janabah. Beliau mulai dengan Membasuh Kedua Tangan Beliau. Kemudian Beliau Berwudhuk sebagai mana Wudhuknya untuk Sholat. Kemudian Beliau Mema sukkan Jari-jari Beliau ke Air. Lalu Beliau Menyelang-nyelingi Pangkal Rambut. Kemudian Beliau menuangkan Tiga Gayung Air pada Kepala Beliau dengan kedua Tangan Beliau. Kemudian Menuangkan Air pada Kulit Beliau sendiri”. (H.R. Shohih Bukhari Juz I Halaman : 177)

Orang yang memulai dengan belahan kepalanya bagian kanan.

عَنْ عَائِـشَـةَ قَالَتْ كَــنَا إِذَا أَصَا بَتْ إِحْدَ ا نَاجَـنَا بَـةٌ أَخَـذَاتْ بِــيَــدَ يـْــهَا ثَــلاَ ثًا فَــوْ قَارَ أْ سِـهَا، ثُــمَّ تَــأْخُــذُ بِـــيَــدِهَا عَــلَى شَــقِّــهَا اْلأَ يْـمَـنِ وَ بِــيَـدِهَا اْلأُ خْرى

“Dari A’isyah r.a. ia berkata : “Apabila salah seorang di antara kami Junub. Maka ia mengambil air dengan kedua Tangannya Tiga kali untuk dibasuhkan di atas Kepalanya. Kemudian mengambil Air dengan Tangannya yang satu, untuk dituangkan pada belahan Kepala bagian yang Kiri”. (H.R. Shohih Bukhari Juz I Halaman 192)

رَضِيَ الـلّـــهُ عَــنْــهَا، أَنَّ رَ سُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ، كَانَ إِذَا اغْـتَسَــلَ مِنَ الْجَــنَا بَـةِ وَضـعَ لَــهُ اْلإِ نَـاءُ فَــيَـصُـبُّ عَـلَى يَــدَ يـْـهِ قَـبْـلَ أَنْ يُـدْخِـلَــهُـمَااْلإِ نَـاءَحَــتَّى إِذَا غْــسَــلَ يَــدَ يـْـهِ أَدْخَــلَ يـَـدَ يْــهِ الـيُــمْــنى فِى اِلإِ نَـاءِ، ثُــمَّ صَـبَّ بِالْـيُــمْـنى وَ غَـسَـلَ فَـرْجَــهُ بِـالْـيُــسْـرى حَــتَّى إِذَا فَـرَ غَ صَـبَّ بِـالْـيُــمْـنى عَــلَى الْــيُـسْـرى فَــفَـسَــلَــهُـمَا، ثُــمَّ تَــمَـضْـمَـضَ وَ ا سْــتَــنْــشَــقَ ثَــلاَ ثًا، ثُــمَّ سَـصُبُّ عَـلَى رَ أْ سِــهِ مِـلْءَ كَــفَّــيْــهِ ثَــلاَ ثَ مَــرَّ اتٍ، ثُــمَّ يُــفِــيْـضُ عَــلَى جَــسَــدِ هِ `

“Dari A’isyah r.a. katanya “Biasanya Rasulullah Saw. jika hendak Mandi Janabah. Maka Beliau Mencuci kedua Tangannya sebelum menyentuh air. Kemudian Beliau Mengambil air dengan Tangan Kanannya. Kemudian Beliau Menuangkan air ke Tangan Kirinya. Dan beliau Membersihkan Kemaluannya dengan Tangan Kiri. Setelah itu Beliau Mencuci Kedua Tangannya. Dan Beliau Ber kumur-kumur serta memasukkan air kedalam Hidung Tiga kali. Kemudian Beliau Menuangkan air ke atas Kepala dengan Telapak Tangan Tiga kali. Setelah itu barulah Beliau menyiramkan air Keseluruh Tubuhnya”.
(H.R. Sunan An-Nasa’iy Juz I Hadits No 243 Halaman 121)

عَنْ مُـوْس الْـجُـهَـنِى قَالَ إِ نِّـيْ مُـجَاهِدٌ بِـقَـدَ حٍ حَـزَ رْ تُــهُ ثَــمَا نِــيَــةَ أَ رْطَالٍ فَــقَالَ حَـدَّ ثَــتْـنِىعَائِـشَـةَ رَضِيَ الـلّـــهُ عَــنْــهَا، أَ نَّ رَ سُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ كَانَ يَــغْــتَــسِــلُ بِــمِــثْــلِ هـذَا `

“Dari Musa Al-Juhani. Katanya “Pada suatu hari Mujahid datang dengan sebejana air yang di perkirakan isinya ada Delapan Liter. Seraya berkata “Aku pernah Mendengar A’isyah.r.a. berkata“Bahwasanya Rasulullah.S.a.w. pernah Mandi dengan air di dalam Bejana sebesar ini”.
(H.R. An-Nasa’iy Juz I Hadits No : 223Halaman 113)

Tidak ada batasan air untuk mandi.

عَنْ عُـرْ وَ ةَ عَنْ عَائِــشَـةَ رَضِيَ الـلّــــهُ عَـنْـهَا قَالَتْ كُـنْـتُ أَغْـتَـسِـلُ أَ نَـا وَرَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ، مِنْ إِ نَـاءٍ وَ احِـدٍ وَ هُـوَ قَـدْ رُ الْــفَـرَ قِ `

“Dari ‘Urwah dari A’isyah r.a. katanya “Aku pernah Mandi bersama Rasulullah S.a.w. dengan sebejana air yang cukup banyak airnya. Tak terhitung jumlahnya”. (H.R. An-Nasa’iy Juz I No 231 Halaman : 115)

عَنْ حُـمَـيْـدِ بْـنِ عَـبْـدِالـرَّحْـمـنِ قَالَ لَــقَـيْتُ رَجُلاً صَحِبُ الـنَّـبِـيِّ صَـلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ، كَــمَاصَـحِـبُـهُ أَ بـُـوْ هُـرَ يـْـرَ ةَ رَ ضِيَ الـلّـــهُ عَـنْـهُ أَ رْ بَــعَ سِــنِــيْـنَ قَالَ نَـهـى رَ سُـوْ لُ الـلّـــهِ صَـلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ، أَنْ يَــمْــتَــشِــطَ أَحَـدُ نَـا كُـلَّ يَـوْ مٍ أَ وْ يَــبُـوْ لَ فِى مُــفْــتَــسِــلِــهِ أَوْ يَــغْــتَــسِــلَ الــرَّ جُــلُ بِــفَـضْـلِ الْــمَـرْ أَ ةِ وَ الْـمَـرْ أَ ةُ بِــفَــضْـلِ الـرَّ جُــلِ وَ لْــيَـخْـتَـرِ فَـاجَــمِــيْــعًا`

“Dari Humaid Bin ‘Abdur-Rahmaan. Katanya “Aku pernah bertemu dengan seorang Sahabat Nabi yang telah Bersahabat dengan Beliau selama Empat Tahun, seperti Abu Hurairah r.a. ia berkata “Rasulullah Saw. Melarang kami untuk berlebihan Merias diri setiap harinya. Beliau Melarang kami Kencing di dalam tempat Mandi. Beliau Melarang Seorang laki-laki Mandi dengan air Bekas Mandi istrinya yang telah Mandi Janabah/Junub atau sebaliknya. Beliau Menganjurkan kami untuk senantiasa Mandi bersama istri-istri kami”. (H.R. An-Nasa’iy Halaman 117)

عَنِ اْلأَ سْـوَ دِ عَنْ عَا ئِــشَــةَ رَضِيَ الـلّـــهُ عَــنْــهَا قَـالَتْ ، رَ أَ يْــتُــنِـيْ أُ نَـازِ عُ رَ سُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْـهِ وَ سَــلَّـمَ، أَ لإِ نَـاءِ أَ غْــتَــسِــلَ أَ نَـا وَ هُـوَ مِــنْــهُ `

“Dari Aswad. Dari A’isyah r.a. katanya “Aku pernah Mandi bersama Rasulullah Saw. di dalam satu Bejana air”. (H.R. An-Nasa’iy Juz I No 235 Halaman : 116)

عَنْ جَا بَـرِ بْـنِ زَ يـْدٍ عَنِ ابْـنِ عَــبَّاسٍ قَالَ : أَخْــبِـرَ تْــنِـى مَــيْــمُـوْ نَـــةُ أَ نَّـــهَا كَا نَتْ تَــغْــتَــسِـلُ وَ رَ سُــوْ لُ الـلّـــهِ صَـلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ، مِنْ إِ نَـاءٍ وَ احِــدٍ `

“Dari Jabir Bin Zaid Ibnu “Abbas r.a. katanya “Aku pernah diberitahu oleh Bibiku Maimunah. Bahwasanya ia pernah Mandi bersama Rasulullah Saw. dengan Sebejana Air”. (H.R. Sunan An-Nasa’iy Juz I No 236 Halaman : 116)

Semoga dengan beberapa keterangan Hadits pada pelajaran di atas. Mengenai cara-cara mandi Rasulullah Saw. bisa memadai bagi Ummat Islam mau menekuni Tata-Cara Mandi yang di tuntunkan Rasulullah Saw. kepada ummatnya.

Mandi dan Adab-adab Qolbunya.

اِ نَّــمَااْلأَ عْــمَالُ بِـالـنِّــيَاتِ وَ اِ نَّــمَالِـكُـلِّ امْـرِى ءٍ مَـا نَـــوى ...

"Amal-‘amal itu hanya dapat sah dengan Niat. Dan tiap-tiap orang, hanya dapat pahala ‘Amalnya dengan Niatnya”. (Muttafaqun ‘Alaih)

Menurut pendapat Qodhi Baidhowi. Beliau berkata “Niat itu ialah gejolak Hati mengarah kepada apa yang dianggap cocok dengan maksud orangnya. Tetapi oleh Syara’ dikhususkan pada Pengarahan Hati pada suatu Perbuatan untuk mendapatkan ke-Ridho-an Allah Ta’ala. Dan menta’ati Hukum Allah SWT (Kitab “Jami’us-Shoghir”).
Adapun mengenai Adab-adab Qolbiyah. Adalah hendaknya seseorang Mukhlisin ketika Mandi, tidak membatasi dirinya atau merasa cukup hanya pada penyucian Lahiriyahnya saja. Atau merasa cukup hanya membersihkan Jasad belaka.
Para orang ‘Arif. Memandang Penyucian Batiniah jauh lebih penting. Karena yang di dalam Batin tidak bisa disiram dengan guyuran air. Lalu digosok dengan Sabun mandi atau Deterjen dan diberus dengan Berus Ijuk atau berus Plastik.
Untuk itulah kita diajak memperhatikan Janabat batiniah. Karena Janabat batiniah itu sangat mudah merusak jiwa orangnya. Sebab di dalam batin itu bersarang Sifat-sifat yang buruk, yaitu “Sifat Hewaniah”. Dan Sifat “Rohmaniah”. Maka sebaiknya bagi yang ingin bersuci dari kekotoran. Maka jangan lalai membersihkan kotoran Batin tersebut. Jika Batin kotor. Maka orangnya sangat mudah masuk kedalam perangkap dan Bujukan Setan.
Dan bagi seseorang yang ingin bersih. Maka bersihkan pula Ruhaninya yang merupakan Titipan Allah Jalla Wa’azza. Itu adalah Ni’mat Allah yang tiada tara bandingannya di seluruh Alam. Bagi orang yang ‘Arif. Ia lebih Cenderung membersihkan Ruhaniahnya dari segala sentuhan Setan. Mereka akan memperbanyak Tawajjuh yakni menghadapkan diri hanya kepada Allah. Jangan hadapkan diri kepada yang selain Allah. Itu adalah merupakan Pohon terlarang …………
Menurut para ‘Arif. Bahwasanya Nabi Adam A.s. hanya sekali membuat kesalahan. Sekali memakan Buah Khuldi atau Buah terlarang. Yaitu Pohon Tabi’at yang menghadap kepada Dunia, serta menghadap kepada kejama’an yakni Al-Kosroh (Banyak Pandangan). Walaupun Hanya sekali. Kiranya perbuatan itu malah menjadi sumber utama Janabah.

Selama seseorang belum bersuci dari Janabah Batiniah ini, dengan Tenggelam di dalam Air Rahmat Allah. Serta belum membersihkan diri secara sempurna dengan air yang Mengalir dari pancaran ‘Arsy Robbaniah Allah SWT. yang bebas dari campur tangan setan, berarti ia belum bisa menegakkan Sholat yang Tekun dan Khusu’. Karena Sholat adalah Mi’rajul Mukminin. Tiada Sholat tanpa bersuci Lahir dan Batin. Demikianlah ungkapan para orang ‘Arif sejak zaman dahulu hingga zaman yang canggih sekarang ini.
Hal ini pernah disinggung oleh Syekh Muhammad Ash-Shadduq r.a. dalam Kitabnya “Al-Washoil”. Beliau menceritakan, bahwasanya datang sekelompk Orang Yahudi kepada Rasulullah Saw. lalu salah seorang yang paling pandai di antara mereka bertanya kepada Beliau “Apa sebabnya Allah Ta’ala Memerintahkan Mandi karena Janabah. Tetapi tidak Memerintahkan Mandi di karenakan Buang air kecil atau besar ?”.
Seraya Rasulullah Saw. menjawab “Sesungguhnya Adam A.s. ketika Memakan sesuatu dari Pohon. Maka makanan itu menyebar ke dalam Darah. Rambut. Dan Hatinya. Jika seseorang Bersetubuh dengan Istrinya. Maka keluarlah air dari seluruh Darah. Rambut Tubuhnya. Oleh karena itu Allah‘Azza Wajalla memerintahkan Wajib Mandi Janabah kepada semua keturunan Adam A.s. (Manusia) sampai Hari Qiyamat”.
Dalam riwayat lain. Dari Ali r.a. ia berkata “Adapun sebab mereka di Perintahkan Mandi yang dikarenakan Janabah. Dan tidak karena sebab Buang hajat besar atau kecil. Padahal jika ditilik kebenarannya. Hadats kecil lebih Najis dan kotor ketimbang Janabah itu sendiri. Tetapi karena Janabah itu adalah sesuatu yang keluar dari seluruh Tubuh Manusia. Sedangkan kotoran bukan dari… manusia semata, yakni dari saripati Tumbuh-tumbuhan. Dari Udara. Dari Tanah dan memasakkannya dari unsur Api. Dan Makanan tersebut masuk melalui satu pintu dan keluar dari pintu yang lain”.

Makna lahiriyah dari Hadits-hadits diatas. Sesuai dengan pendapat Ahli Zikir. Bahwa Nuthfah (Sperma-Mani) keluar dari seluruh bagian Badan. Maka wajib membasuh seluruh Tubuh. Pendapat ini sesuai dengan pandangan para Dokter dan Ahli Biologis.
Hikmah dari penjelasan tersebut, yang mengaitkan Mandi dengan Memakan Buah terlarang dan menjadi Janabah bagi Manusia. Sebenarnya membuka pintu Ma’rifah bagi Ahli Hikmah. Dan bagi orang yang mau meneliti diri.
Para orang ‘Arif menjadikan peristiwa Adam A.s. adalah sebagai sebab dari Ibadah Syari’at, seperti Berwudhu’. Membaca Dua Kalimah Syahadat. Sholat. Puasa di Bulan Ramadhan. Membayar Zakat. Dan Melaksanakan Ibadah Hajji ke Tanah Suci Makkatul Mukarromah dan Madinatul Munawwarah pada Bulan Dzul-Hijjah. Itu semua adalah penyebab.

Dengan demikian wahai Anak Cucu Adam A.s. kalian adalah Tunas dan Benih-benih untuk bertemu dengan Allah ‘Azza Wajalla. Engkau diciptakan untuk Ber-Ma’rifah kepada Allah SWT. sebab Allah telah memilih kamu untuk melaksanakan Hukum-hukum-Nya dimuka Bumi ini.
Ingatlah sejarah Nabi Adam A.s. Engkau di hormati dan disujuti oleh para Malaikat. Namun … Engkau juga dihasud dan dikhianati oleh Iblis La’natullah. Oleh karena itu. Jika Engkau ingin keluar dari Janabah Batiniah, sebagaimana asal-usulmu. Dan dikarenakan Engkau ingin bertemu dengan Hadirat Kekasih serta bersiap untuk sampai ke-Maqam Al-Uns. Dan Al-Quds. (Maqam-Suci). Maka mestilah engkau membasuh Batiniah Hatimu. Sebab ia adalah tempat Dzat Yang Maha Indah dan Maha Mulia.
Selanjutnya (Hindarilah) Zuhudlah kamu kepada urusan-urusan Dunia yang buruk ! Karena tempat perjumpaan dengan Al-Haq adalah Tempatnya orang-orang yang Suci. Dan baik-baik.
Demikianlah sekelumit goresan jari seorang yang Fakir dalam ‘Ilmu. Semoga saja bisa merambah ke lubuk Hati Sanubari pembaca yang budiman. Dan sangat diharapkan semoga Sauadaraku yang membacanya bisa lebih kreatif mengembangkannya, sehingga menjadi Mutiara yang indah.

Fardhu Mandi Tiga
1. Niat.
2. Menghilangkan Najis.
3. Meratakan Air keseluruh Tubuh.

Sunnat Mandi Enam Perkara
1. Membaca Basmallah.
2. Berwudhuk terlebih dahulu. Sebelum Mandi.
3. Menggosok Seluruh Tubuh dengan Tangan.
4. Menghadap Qiblat.
5. Meniga-niga kali. Membasuh seluruh Anggota Badan.
6. Mendahulukan yang Kanan dari yang Kiri.

Wahai Anak-anakku..!
Bahwa menghilangkan Hadats adalah upaya dan ikhtiar Manusia keluar dari ke-Akuan (Egoisme) dan berusaha menghindarkan diri dari Hawa Nafsu yang sering menjadi Hijab bagi Manusia. Bahkan merupakan upaya dan ikhtiar Manusia agar bisa keluar dari Kungkungan Hawa Nafsu secara menyeluruh. Karena selagi dalam diri Seorang hamba masih terdapat sisa-sisa Sifat ke-Akuan. Berarti ia masih termasuk Berhadats besar. Maka Penyembah dan yang disembah dalam dirinya adalah Setan, atau ia menyembah dirinya sendiri ……
Meski ku-isyaratkan jalan Petunjuk.
Tapi ……. Aku sendiri
Belum Memperoleh Petunjuk !!!
Meski Aku Uraikan Obat suatu Penyakit.
Tapi … Aku sendiri. Terus menerus menderita penyakit
Patutlah orang insyaf.
Bahwa mati sedang mengancam.
Dan Qiyamat akan menagih janji.
Insan mesti berdiri dihadapan Allah SWT
Untuk dihitung segala perbuatannya !
Anak Adam !!! Dirimu ……… Dirimu ………
Dirimu hanya satu.
Jika ia selamat. Maka selamatlah engkau.
Jika ia binasa. Maka binasalah engkau.
Orang yang telah selamat.
Tak akan sanggup menolong engkau.

0 comments: