04 February 2008

24. Wudhu'

Wudhu' menurut lughot, berarti bersih dan indah. Namun menurut Syara’, artinya membersihkan Anggota Wudhu' untuk menghilangkan hadats kecil.
Wudhuk ialah suatu syarat untuk Sahnya Sholat. Wudhu' ini dilaksanakan sebelum seseorang melaksanakan Sholat. Perintah wajib berwudhu' ini adalah berpegang kepada Firman Allah SWT :

يَـآ اَ يـُّـــهَاالَّـــذِ يْـنَ ا مَـــنُـوْآ اِ ذَا قُـــمْـــتُــــمْ اِلىَ الـصَّــلـو ةِ فَـاغْــسِــلُـــوْا وُجُـوْ هَـكُمْ وَ اَ يْــدِ يَـكُـمْ اِلىَ الْــمَـرَا فِــقِ وَ امْـسَحُـوْا بِــرُءُوْ سِكُـمْ وَ اَرْجُــلَـــكُــمْ اِلىَ الْــكَــعْــبَــيْــنْ `

“Hai orang-orang yang beriman ! apabila kamu akan melaksanakan Sholat. Maka basuhlah mukamu dan Dua Tanganmu hingga kedua Siku. Dan sapulah kepalamu, kemudian basuhlah kedua Kakimu hingga kedua mata kaki………”. (Q.S. Al-Maaidah : 6)


Syarat-syarat Sahnya Wudhu' Lima Perkara
1. Islam.
Orang yang tidak ber-Agama Islam tidak Sah melaksanakan Wudhu’.
2. Mumayyiz.
Orang yang sudah dapat membedakan yang Baik dan yang Buruk dari pelaksanaan Wudhu’ tersebut.
3. Menggunakan Air.
Melaksanakan Wudhu' dengan air yang suci dan mensucikan.
4. Tidak merobah Air.
Jangan sampai anggota Wudhu’ itu dapat merobah air yang digunakan untuk berwudhu’ (karena terlalu kotor) jika demikian sebaiknya Mandi terlebih dahulu. Baru ber-Wudhu’.
5. Jangan ada penghalang pada kulit.
Seperti cat, aspal, sisik ikan, atau benda yang dapat menghalangi sampainya Wudhu’ pada Anggota wudhu’.

Fardhu Wudhu' itu Enam Perkara

1. Niat dalam hati.
Dengan Niat. Menghilangkan Hadats kecil, dan cara melaksanakan Niat tersebut ialah tepat pada waktu kita membasuh Muka.
2. Membasuh muka.
Horizontal : dari tempat tumbuh rambut di kepala hingga sampai ke dagu.
Vertikal : dari Anak Kuping sebelah Kanan hingga sampai ke Anak Kuping sebelah kiri.
3. Membasuh Tangan.
Basuhlah kedua Tangan dari mulai ujung Jari tangan ke siku. Bukan terbalik, yakni dari siku ke ujung jari.
4. Menyapu Kepala.
Menyapu sebagian dari rambut di kepala.
5. Membasuh Kaki.
Membasuh kedua kaki. Dari mulai ujung jari kaki hingga ke mata kaki. Bukan dari mata kaki, itu malah terbalik.
6. T e r t i b.
Yakni berturut-turut, dari awal hingga akhir pelaksanaan. Menurut pakarnya, enam macam ini jangan ditinggalkan. Jika ditinggalkan, maka Wudhu’nya tidak Sah. Yang lain dari itu adalah Sunnat.

Sunnat Wudhu’ Tiga Belas Perkara

1. Membaca Basmallah.
2. Membasuh Telapak tangan hingga sampai pergelangan tangan.
3. Berkumur-kumur. Dan menghirup air masuk ke dalam Hidung. Kemudian dihembuskan kembali.
4. Menyela-nyela Jari Tangan dan Kaki serta Janggut.
5. Mengusap dua Daun Telinga bagian luar dan dalamnya.
6. Membasuh seluruh Kepala.
7. Mendahulukan anggota Wudhu’ yang Kanan dari yang Kiri.
8. Tiga-tiga kali pada tiap-tiap membasuh anggota Wudhu’
9. Menghadap Qiblat.
10. Bersiwak (menggosok gigi) atau bersugi.
11. Tidak boleh berkata-kata ketika melaksanakan Wudhu’.
12. Berturut-turut (Tertib).
13. Membaca Do’a setelah selesai melaksanakan Wudhu’.

Doa Selesai Berwudhu’

أَشْـــهَــدُ اَنْ لاَ اِلــهَ اِلاَّ الـلّـــــهُ وَحْــدَ هُ لاَ شَـرِ يْـكَ لَــــهُ ، وَ اَشْـــهَــدُ اَنَّ مُحَــمَّـدً ا عَــبْـدُ هُ وَ رَسُــوْ لُـــهُ ، الـلّــــهُمَّ اجْــعَـــلْــنِيْ مِنَ الــتَّـــوَّ بِــــيْــنَ، وَ اجْـعَــلْــنِـيْ مِنَ الْــمُـتَــطَـــهِّــرِ يْـنَ وَاجْــعْــلْـنِـيْ مِنْ عِــبَادِكَ الـصَّالـِحِــيْـنَ

“Aku Bersaksi Tiada Tuhan malainkan Allah Yang Tunggal. Tiada sekutu bagi Nya. dan Aku Bersaksi Bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. Yaa Allah. Jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang Ahli Bertaubat. Dan jadikanlah saya orang yang suci dan jadikanlah saya termasuk dari golongan hamba-hamba-MU yang Shaleh”.

Ini bukanlah Do’a Rakitan para Guru/Ustadz, atau orang zaman dahulu. Ini adalah dari Nabi Saw. Dalilnya :

حَـدَّ ثَـــنَا عَـلْــقَــمَـةُ بْـنُ عُـمَـرَ وَالدَّ ارَمِيُّ ثَـــنَا أَ بـُـوْ بَـكْرِ بْـنِ عَــبَّاسٍ عَنْ أَبِـيْ إِسْحَاق عَنْ عَــبْدِالـلّـــهِ بْـنِ عَطَاءِ الْــبَجَـلِـيُّ عَنَ عُـقْــبَـةَ بـْنِ عَامِـرٍ الْجُحَـنِيّ عَنْ عُمَـرَ بـْنِ الْخَـطَابِ قَالَ : قَالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ، مَامِنْ مُـسْــلِـمٍ يَـــتَـــوَ ضَّاءَ فَـــيُحْـسِـنُ الْــوُضُـوْ ءَ ثُـــمَّ يَـقُــوْ لُ : أَ شْـهَـدُ اَنْ لاَ اِلـهَ اِ لاَّ الـلّـــهُ، وَ ا شْــهَـدُ اَنَّ مُحَــمَّـدًا عَــبْــدُ هُ وَ رَسُــوْ لُــهُ ، اِ لاَّ فُــتِـحَـتْ لَــــهُ ثَــمَا نــِـيَــةُ أَ بْــوَابَ الْـجَــنَّــةِ ، يَــدْخُــلُ مِنْ أَ يـُّــهَا شَـاءَ `

“Mewartakan kepada kami Al-Qomah bin ‘Amar Ad-Darimiy. Mewartakan kepada kami Abu bakar bin ‘Ayyas. Dari Abu Ishaq. Dari ‘Abdullah bin ‘Atho’ Al-Bajaliy. Dari ‘Uqbah bin Amir Al-Juhaniy. Dari ‘Umar bin Khottob. Ia berkata :”Rasulullah Saw. bersabda :”Tiada seorang Muslim yang berwudhu’. Kemudian ia membaguskan Wudhu’nya. kemudian setelah itu ia membaca : Aku bersaksi bahwa Tiada Tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya”. Kecuali akan dibukakan baginya Pintu Surga. Dan ia boleh masuk dari pintu mana saja yang ia kehendaki”. (H.R. Sunan Ibnu Majah. Juz I Halaman : 361)

عَنْ عُـقْــبَـةَ بْـنِ عَامَـرَ ألْـجُـهَـنِيُّ عَـنْ عـُـمَـرَ بـْنِ الـْخَـطَابِ رَ ضِيَ الـلّــــهُ عَــنْـهُ قَالَ : قَالَ رَسُــوْ لُ الـلّـــــهِ صَـلَّى الـلّــــــهُ عَــلَــيْــهِ وَ سَـــــلَّـمَ، مَامِنْ تَــوَ ضَّـــأَ فَــأَحْسَـنَ الْــوُضُـوْ ءَ ثُــمَّ قَالَ : أَ شْـهَـدُ اَنْ لاَ اِلــهَ اِلاَّ الـلّـــهُ، وَ أَ شْــهَـدُ اَنَّ مُحَـمَّـدً ا عَــبْــدُ هُ وَرَسُــوْ لُـــهُ، فُــتِـحَـتْ لَـــهُ ثَـــمَا نِــيَــةُ أَ بْــوَ ابُ الْـجَــنَّــةِ ثَـــمَانِــيَــةُ يَــدْ خُــلُ مِنْ أَ يِّــهَا شَـآءَ * أ خْـرَ جَــهُ مُسْــلِـمْ وَ الــتَّـــرْ مِـذِ يْ ، وَ زَادَ : أَ لـلّـــــهُـمَّ اجْـعَـلْـنِيْ مِـنَ الـتَّـــوّ َا بِــيْــنَ وَاجْـعَــلْــنِيْ مِنَ الْــمُـتَـطَــهِّـرِيْـنَ، سُــبْحَا نَـكَ الـلّـــهُـمَّ وَ بِـحَـمْـدِكَ، أَ سْـتَــغْــفِــرُ كَ وَ أَ تُــوْ بُ إِ لَـــيْـــكَ

“Dari ‘Uqbah bin Amir Al-Juhaniy. Dari ‘Umar bin Khattab r.a. ia berkata : ”Telah bersabda Rasulullah Saw. “Barangsiapa yang Berwudhu’ dan iapun me nyempurnakan wudhu’nya dengan baik. Kemudian setelah itu ia mengucapkan : “Aku Bersaksi bahwa Tiada Tuhan selain Allah. dan Aku Bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya”. Niscaya akan dibukakan pintu syurga, dan ia boleh masuk dari pintu mana saja yang ia kehendaki”.
“Dalam riwayat Muslim dan At-Turmudzy. Ada tambahan dengan kalimat : “Ya Tuhan-ku jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang Taubat. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang Bersih. Maha Suci Engkau Wahai Tuhan-ku. Dengan memuji-MU aku memohon Ampunan dari Engkau dan aku bertaubat pada Engkau dari Dosa-dosaku”.(H.R. Sunan An-Nasa’iy. Juz I. Halaman : 75)

Makruh dalam Berwudhu’ ada Lima Perkara

1. Berlebih-lebihan menggunakan air dari yang semestinya.
2. Meninggalkan hal yang sunnat-sunnat dalam berwudhu’.
3. Mendahulukan yang Kiri dari yang Kanan.
4. Meminta tolong orang lain untuk menuangkan air sewaktu kita berwudhu’. Sementara kita dalam keadaan sehat wal-afiat.
5. Melebihkan dari tiga kali Membasuh atau Menyapu.

Yang Membatalkan Wudhu’ ada Lima Perkara
1. Keluar sesuatu dari salah satu pada Dua jalan : Qubul atau Dubur.
Misalnya kentut, kencing, buang air besar. Dan lain sebagainya.
2. Hilang ‘Akal disebabkan Gila atau Mabuk / Pingsan.
3. Tidur yang tidak tetap pada tempat duduknya.
Misalnya kita ingat sewaktu awalnya tidur terlentang, namun ketika sadar sudah miring.
4. Menyentuh Qubul atau Dubur dengan telapak tangan (perut jari).
5. Tersentuh kulit Pria dengan Wanita yang Halal Nikah.

Berwudhu’ dengan Lafaz-lafaznya.
Sebelum lafaz berwudhu’, maka sebaiknya kita sertakan sunnat-sunnatnya, agar memudahkan kita menangkap pelajaran berwudhu’ ini, yaitu sekali jalan dengan wajin :
Pertama membaca Basmallah

لبـــسْــــــــــــــــــمِ الـلّــــــهِ الــرَّ حْـــمـــنِ الــرَّ حِـــــيْــــمِ

“Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyang”.

Menurut riwayat Abu Daud dan lainnya. Bahwa Rasulullah Saw. Bersabda : “Tidaklah sempurna Wu dhu’ seseorang yang tidak membaca Basmallah di permulaannya”. (Kitab Al-Azkar Halaman 14)
Bersamaan membaca Basmallah ini, kita perhatikan Hadits :

Bagaimana Cara Berwudhu’ yang Baik.

عَنْ عُسْـمَانَ بْـنِ عَـفَّانَ رَضِيَ الـلّـــهُ عَـنْـهُ دَعَا بِــوُضُـوْءٍ فَــتَــوَ ضَّـأَ فَــغَـسَــلَ كَــفَّــيْــهِ ثَــلاَثَ مَــرَّ اَتٍ، ثُـــمَّ مَـضْمَـضَ وَ اَ سْــتَـــنْــثَـــرَ ثُـــمَّ غَـسَــلَ وَجْــهَــهُ ثَــلاَثَ مَـرَّ اَتٍ، ثُــمَّ غَسَـلَ يَــدَ هُ الـْـيُــمْــنَى إِلىَ الْـمَـرَ فِـقِ ثَــلاَثَ مَـرَّ اَتٍ، ثُــمَّ غَسَـلَ يَـدَ هُ الْــيُـسْـرَى مِثْــلَ ذ لـِكَ، ثُــمَّ مَسَــعَ رَ أَسَــهُ، ثُـــمَّ غَسَــلَ رِجْــلَــهُ الْــيُـمْـنَى إِلىَ الْــكَــعْــبَــيْــنِ ثَـــلاَ ثَ مَـرَّ اَتٍ، ثُــمَّ غَسَـلَ الْــيُسْــرَ ى مِــثْـــلَ ذ لـِكَ، ثُــمَّ قَالَ رََ أ يْتُ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ تَــوَ ضَّــأَ نَـحْـوَ وُضُـوْ ئِ هـذَا، ثُــمَّ قَالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَـلَّى الـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَ سَــلَّـمَ مَنْ تَــوَضَّــأَ نَـحْـوَوُضُـوْ ئِ هـذَا ثُـــمَّ قَـا مَ فَــرَ كَـــعَ رَ كْـــعَـــتَــــيْــنِ لاَ يـُحَــدَّثُ فِـيْــهِـمَا نَــفْــسَــهُ غُـفِـرَ لَـــهُ مَـا تَـــقَـدَّ مَ مِنْ ذ نْـــبِــهِ

“Dari ‘Usman bin ‘Affan r.a. “Bahwa ia meminta air untuk Berwudhu’. Dibasuhnya Dua Tapak tangannya tiga kali, lalu Berkumur-kumur tiga kali. Kemudian memasukkan air ke Hidung tiga kali. kemudian membasuh Muka tiga kali. Kemudian menyiram Tangan kanan dari Jari hingga ke Siku tiga kali. (menggosoknya adalah Sunnat). Demikian pula yang sebelah kiri. Kemudian menyapu Kepala tiga kali. kemudian menyiram Kaki kanan dari mulai Jari hingga ke Mata kaki. Demikian pula kaki yang sebelah kiri. Kemudian ‘Utsman berkata :”Beginilah saya lihat Rasulullah Saw. Berwudhu’. Dan katanya pula: ”Bersabda Rasulullah Saw. “Barangsiapa yang Berwudhu’ serupa dengan Wudhu’ku ini, kemudian Sholat Dua raka’at (sunat Wudhu’) dengan khusu’. Niscaya diampuni Allah SWT segala dosa-dosa yang telah diperbuatnya”.
(H.R. Shohih Muslim. Nomor : 138 pada hal : 180)

Wahai insan ! Hadits di atas sangat jelas, membimbing kita dalam melaksanakan Wudhu’. Hanya saja sering kita lihat kebanyakan manusia terbalik dalam pelaksanaan mengambil Wudhu’ tersebut. Yaitu penyiraman yang dianjurkan dari Jari Tangan ke siku, tetapi kebanyakan manusia malah menyiramnya dari Siku ke-Jari. Bukankah itu terbalik namanya ? Untuk itulah perlunya kita menuntut ‘ilmu !

Doa ketika melihat air sewaktu akan berwudhu’ :

لبِــسْـــــــــمِ الـلّـــــــــهِ ، ا لْـحَــمْــدُ لــِلّـــــــــهِ الَّـــذِ يْ جَــعَــلَ الْـــمَـآءَ طَـــهُـــرً ا

"Dengan Menyebut Nama Allah. Segala puji hanya bagi Allah
yang telah menjadikan air ini suci (dan mensucikan)".

Kita perhatikan lafaz-lafaznya.
Jika Hadits di atas menuntun kita dalam Pekerjaan Anggota Tubuh, maka kita akan memperhatikan pekerjaan Lisan dan pekerjaan Hati. Hal ini sebetulnya bukan dilafazkan. Karena ia adalah ucapan pada Niat. Sementara Niat letaknya di dalam Hati. Tetapi jika dilafazkan (diucapkan), itu semua hanya untuk pendorong bagi Hati agar ingat. Dan jika diucapkan. Maka bunyinya sekira-kira demikian :

نَــوَ يْـتُ الْــوُضُوْ ءَ لـِـرَ فْــعَِ الْـحَــدَثِ اْ لأَ صْـخَـرِ فَـرْ ضً لــِلَّـــهِ تَـــعَـالىَ

“Sengaja aku Berwudhu’ Mengangkat Hadats kecil fardhu karena Allah Ta’ala”.

نَــوَ يْتُ رَ فَـعََ الْـحَـدَثِ اْلإِ سْــتِــبَاحَـةِ الصَّـلاَ ةِ فَـرْضً لــِلّـــهِ تَــعَـالىَ

“Sengaja aku mengangkat Hadats kecil. Untuk melaksanakan Sholat. Fardhu karena Allah Ta’ala”.

Menurut An-Nasa’iy pernah Nabi Saw. membaca ketika mau berwudhu’ seperti :

اَلـلّـــهُمَّ اغْـفِـرْ لـِى ذُ نُـبـِى وَوَسِّــعْ فِى دَ ارِى وَ بَارِ كْ لـِى فِى رِزْ قِ

"Ya Allah. Ampunilah Dosaku. Serta lapangkanlah rumah tanggaku. Dan berilah keberkahan dalam Rezekiku". (H.R. Sunan. An-Nasa’iy)

Doa ketika membasuh kedua tapak tangan dalam berwudhu’ :

اَلـلّـــــهُمَّ إِ نـِى أَسْــأَ لُـكَ الْــيُـمْـنَ وَ الْــبَــرَ كَــةَ وَ أَ عُـوْ ذُ بِـكَ مِنَ الـشُّــؤْ مِ وَ الْــهَــلَـــكَــةِ

"Ya Allah. Saya bermohon kepada Engkau keberkahan dari kedua Tanganku ini, serta saya berlindung kepada Engkau dari Sial dan Susah".


Doa ketika berkumur-kumur dalam berwudhu' :

اَلـلّــــهُمَّ أَ عِـنِّى عَـلىَ تِــلاَ وَ ةِ كِــتَا بِـكَ وَ كَــثْـرَ ةِ الـذِّ كْـرِ لَـكَ

"Ya Allah. Berilah saya pertolongan untuk membaca Kitab Engkau (Al-Qur-aan) Serta membanyakkan Zikir dan (Do’a) kepada Engkau".

Doa ketika memasukkan air ke dalam hidung ketika berwudhu' :

اَلــلّـــــهُمَّ أ وْ جِـدْ لـِى رَ ا ئِـحَـةَ فِى الْـجَــنَّــةِ وَ أَ نْـتَ عَــنِّى رَاضٍ

"Ya Allah. Limpahkanlah kepadaku bau-bauan (semerbak). Wewangian yang ada di dalam syurga. Dengan keridhoan-MU pada saya".
Doa ketika mengeluarkan air dari dalam hidung ketika berwudhu' :

اَلــلّــــهُمَّ إِ نـِى أَ عُـوْ ذُ بِـكَ مِنْ رَ وَ ا ئـِــحِ الــنَّـارِ وَ مِنْ سُـوْ ءِ الـدَّ

"Ya Allah. Saya berlindung kepada Engkau dari pada bau-bauan Api Neraka. Dan dari segala kejahatannya tempat itu. (Neraka)".

Doa ketika membasuh muka ketika berwudhu'
Setelah kita ber-Niat :

اَلــلّـــــهُمَّ بَــيِّـضْ وَجْـهِى بِــنُـوْ رِ كَ يَــوْ مَ تُــبَــيِّـضُ وُجُـوْ هَ أَوْ لــِـيَا ئِــكَ
وَ لاَ تُـسَــوِّ دْ وَجْـهِـى بـِـظُــلُــمَا تِـكَ يَــوْ مَ تُــسَــوِّ دُوُ جُـوْ هَ أَ عْــدَ ا ئِــكَ


"Ya Allah. Mohon putihkanlah wajah saya, dari cahaya Engkau. Pada hari diputihkannya seluruh wajah para pemimpin (Nabi-nabi dan Rasul-rasul) Engkau. Dan janganlah hitamkan wajah saya dengan pekat. Pada hari dihitamkannya wajah-wajah para musuh-musuh Engkau".

Doa ketika membasuh tangan yang kanan dalam berwudhu' :

اَلــلّـــــهُمَّ اَ عْـطِــنِـى كِــتَـا بِـى بِــيَــمِــيْــنِـى حِسَابــًا يَــسِـــيْــرًا`

"Ya Allah. Mohon berikanlah Kitab (tulisan amal -amal) pada Tangan Kanan saya, serta dengan perhitungan (Hisab) yang sedikit".

Doa ketika membasuh tangan kiri dalam berwudhu':

اَلـلّــــهُمَّ إِ نـِى أَ عُـوْ ذُ بِـكَ أَنْ تَــعْـطِــيْــنِتى كـِـتَـابِـى بِــسِــمَـالِى أَوْ مِنْ وَ رَ اءِ ظَــهْــرِى

"Ya Allah. Saya berlindung kepada Engkau, semoga janganlah Engkau berikan Kitab saya (tulisan Amal -amal) jahat pada sebelah kiri saya. Atau dari sebelah belakang saya".


Doa ketika menyapu sebagian kepala dalam berwudhu' :

اَلـلّـــــهُمَّ غَـشِــنِـى بِــرَحْــمَــتِـكَ وَ أَ نْـــزِ لْ عَـــلَـيَّ مِـنْ بَــرَ كَـاتِــكَ وَ أَظِـلْـنِى تَـحْتِ ظِــلِّ عَـرْشِــكَ يَـــوْ مَ لاَ ظِـــلَّ إِ لاَّ ظِـــلُّــكَ

"Ya Allah. Lindungilah saya dengan Rahmat-MU, serta Limpahkanlah kepada saya Berkah dari Engkau. Dan teduhkanlah saya di bawah Arasy-MU. Pada hari yang tidak ada perlindungan hanya Arasy Engkau".


Doa ketika membasuh dua telinga dalam berwudhu' :

اَلـلّـــــــــــــــهُمَّ اجْـلْـنِى مِنَ الَّذِ يْـنِ يَسْـتَـمِـيْـعُـوْنَ الْــقَـوْلَ فَـــيَــتَّـــبِـعُـوْنَ أَحْسَــنَـهُ اَلــلّـــــهُمَّ اسْـمِـعْـنِـى مُــنَادِ يَـاالْـجَــنَّــةِ مَـعَ اْ لأَ بْـرَ ارَ

"Ya Allah. Anugerahilah saya termasuk orang-orang yang mau mendengarkan perkataan (yang baik) Kemudian (mau) mengikuti mereka dengan sebaik-baiknya. Ya Allah. Perdengarkanlah kepada saya seruan dari Syurga bersama orang-orang yang Taqwa (dan baik-baik)".

Doa ketika menyapu tengkuk dalam berwudhu' :

اَلـلّـــهُمَّ فُكَّ رَ قَــبَـتِى مِنَ الـنَّارِوَ أَعُـوْذُ بِكَ مِنَ السَّـلاَسِلِ وَ اْلأَغْلاَلِ

"Ya Allah. Bebaskanlah kuduk saya dari (belenggu) api Neraka, serta saya berlindung kepada Engkau dari rantai api Neraka dan balok kayu api Neraka".

Doa ketika akan membasuh kaki kanan dalam berwudhu' :

اَلـلّـــهُمَّ ثَــبِّتْ قَـدَ مِى عَلىَ الصِّـرَاطِ يَـوْ مَ تَـزِ لُّ اْلأَ قْـدَا مُ فِى الـنَّارِ

"Ya Allah. Mohon tetapkanlah Kaki saya pada jalan di atas Shirotol Mustaqiim. Pada hari terjatuhnya segala Kaki ke dalam Api Neraka".

Doa ketika akan membasuh kaki kiri dalam berwudhu' :

اَلـلّـــــهُمَّ إِ نـِى أَ عُـوْ ذُ بِـكَ أَ نْ تَــزِ لَّ قَـدَ مَايَ عَـلىَ الـصِّـرَ اطِ يَـوْ مَ تـَــزِ لُّ أَ قْـدَ ا مُ الْـمُـــنَا فِــقِــيْــنَ فِى الــنَّارِ

"Ya Allah. Saya berlindung kepada Engkau dari pada tergelincir jatuh kedua Kakiku di atas Jembatan Shirotol Mustaqiim. Pada hari terjatuhnya Kaki-kaki orang-orang Munafiq kedalam Api Neraka kelak".

PERHATIAN

Menurut Sunan An-Nasa’iy. Do’a yang dibaca pada tiap-tiap Anggota Wudhu’ Tiada yang Shohih (lemah). Tinggal pulang terserah kepada kita. Mau baca atau tidak.
Tetapi mengapa ditempatkan ditulisan ini ? Diterangkan Do’a tersebut dalam pelajaran ini ialah agar Tuan-tuan tidak penasaran, manakala ada orang yang mengatakan disetiap membasuh Anggota Badan itu ada Do’anya. Walaupun ia Hadits Dho’if. Perlu rasanya kita ketahui sampai dimana kedho’ifannya tersebut.
Dan pegangan bagi orang Muslim dalam hal Berwudhu’ ini, adalah Surah Al-Ma-idah ayat 6. Sebagaimana yang tersebut diatas. Dan dilanjutkan dengan memperhatikan Hadits-hadits Rasulullah Saw.

Dalil tidak diterima sholat tanpa berwudhu'

عَـنْ أَبِـِىهُرَ يْـرَ ةَ يَـقُـوْلُ قَالَ رَسُوْلُ الـلّــهِ صَـلَّىالـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَ سَـلَّـمَ لاَ تُــقْــبَــلُ صَـلاَ ةُ مَنْ أَحْـدَثَ حَــتَّى يَــتَــوَ ضَّـأَ قَالَ رَجُوْ لٌ مِنْ حَـضْرَ مَـوْتَ مَاالْحَـدَثَ يَـآ أَ بَـاهُرَ يـْرَ ةَ ، قَالَ فَـسَـاءٌ أَوْضُرَ اظٌ

Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata: ”Rasulullah Saw. Bersabda :”Tidak diterima Sholat orang yang masih Berhadats. Sehingga ia Berwudhu’. Seorang Laki-laki dari Hadhramaut bertanya : Apakah Hadats itu Wahai Abu Hurairah ? ia menjawab :”Kentut yang tidak berbunyi maupun Kentut yang berbunyi”. (H.R. Shohih Al-Bukhari Juz I No 34 pada Hal : 112)

عَنْ أَبـِى هُـرَ يْـرَ ةَ عَنْ مُحَـمَّـدٍ رَسُـوْ لِ الـلّـــــهِ صَــلَّى الـلّــــــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَـلَّـمَ فَذَكَــرَ أَحَادِيْثَ مِنْـهَا وَ قَالَ رَسُـوْلُ الـلّـــهِ صَـلَّى الـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ لاَ تُـــقْــبَــلُ صَـلاَ ةُ أَحَـدِكُـمْ إِذَا أَحْدَثَ حَــتَّـى يَــتَــوَ ضَّــأَ

“Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata :”Bersabda Rasulullah Saw. :”Tidak Sah Sholat seseorang yang Berhadats. Sebelum ia Berwudhu". (H.R. Muslim)


Yang melebihkan jumlah

عَنْ عَـمْـرُ بْـنُ شُـعَــيْـبَ عَـنْ أَ بِــــيْــهِ عَـنْ جَـدِّ هِ قَالَ جَا أ َعَرَ بِـيٌّ إِ لَى الـنَّـبِـيُّ صَـلَّى الـلّـــــــــهُ عَـلَــيْـــهِ وَسَــلَّـمَ يَسْــأَ لُــهُ عَنِ الْـوُضُوْءِ فَــأْ رَ اَ هُ الْـوُ ضُوْ ءَ ثَــلاَ ثَـا، ثُــمَّ قَالَ هكَــذَا الْــوُضُـوْ ءَ فَـمَـنْ زَ ادَ عَـلىَ ذَ ا لـِكَ فَــقَـدْ أَ سَــأَ وَ تـَــعَـدَّ ى وَ ظَــلَــمَ

“Dari Amru bin Syu’aib. Dari ayahnya. Dari Kakeknya berkata : ”Pernah seorang Arab dusun datang kepada Nabi Saw. sambil menanyakan tentang Wudhu’ Maka Beliau memperlihatkan cara Berwudhu’ dengan membasuh setiap anggota Wudhu’ Tiga kali. kemudian beliau bersabda ”Ini contoh berwudhu’ paling sempurna. Barangsiapa yang menambah lebih dari ini. berarti ia telah berbuat salah. Melampaui batas dan berbuat Zalim”. (H.R. Kitab Sunan An-Nasa’iy. Juz I Halaman : 70)

Berwudhu’ dengan Air Laut.

عَـنْ سَــعِــيْـدٍ بْـنِ سَــلَــمَــةَ أَنَّ الْــمُـغِــيْــرَ ةَ بْـنِ أَبـِى بُــرْدَ ةَ مِنْ بَـنِى عَـــبْـدِالـدَّارِ أَخْــبـَـرَ هُ أَ نَّــــهُ سَــمِـــعَ أَ بـَا هُـرَ يْـرَ ة َ يَـــقُــوْ لُ سَــأَ لَ رَجُـوْ لٌ رَسُوْ لُ الـلّــهِ صَـلَّىالـلّـــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ ، فَـقَالَ : يـَارَسُوْ لَ الـلّـــهِ إِ نَّـا نَـرْ كَـبُ الـْـبَـحْـرَ وَ نَـحْـمِـلُ مَــعَــنَا الْــقَــلِـــــيْــلَ مِـنَ الْــمَاءِ فَــإِنْ تَــوَ ضَّـأَ نَـابِــهِ عَـطَــشْـــنَا أَ فَــنَــتَــوَضَّاءَ مِنْ مَاءِ الْــبَحْـرِ، فَـقَالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــــهِ صَــلَّى الـلّــــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ، هُـوَ الطَّـــهُـوْ رُ مَا ؤُ هُ الْـحِــلُّ مَــيْــتَـــتَـــهُ

“Dari Sa’id bin Salamah. Dari Mughirah bin Abi Burdah. Dari Suku Bani ‘Abdud-Daar. Telah memberitahukan kepadanya, bahwa ia mendengar Abu Hurairah r.a. berkata ”Ada seorang Lelaki yang bertanya kepada Rasulullah Saw. “Ya Rasulullah. Kami berada di atas Kapal. Kami hanya membawa air sedikit, yang jika kami pakai untuk berwudhu’. Maka kami akan mati kehausan. Bolehkah kami Berwudhu’ dengan air Laut ?”. Jawab Rasulullah Saw : ”Laut itu suci Airnya dan Halal bangkainya” (H.R. An-Nasa’i. Juz I No 58 : 26)

Wahai Saudara-saudaraku ! Kebanyakan dari orang Muslim bisa berkata : itu Halal, Dan itu Haram ! Tetapi, manakala ditanya mana Dalilnya ? Maka mereka semua diam dan geleng-geleng Sapi. Mungkin benar. Kalau ada orang mengatakan : ”Bahwa Seratus tahun kemunduran Islam, Ingatlah ! Al-Qur-aan telah menegaskan agar Manusia “Allazii ‘Allama bil-Qolam. ‘Allamal Insaana ma lam ya’lam” (Yang telah mengajar manusia dengan Kalam. DIA yang mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya) Lalu mengapa orang Muslim kurang mau memahami Dalil-dalil Al-Qur-aan & Hadits ?

Berwudhu’ dengan Air Es.

عَـنْ أ َبِـى زَرْعَـةِ بْـنِ عَـمْـرُو بْـنُ جَـرِ يْـرِعَنْ أَبِـى هُـرَ يْـرَ ةَ عَنْ أَبِـى هُـرَ يْــرَ ةَ كَـانَ رَسُـــوْ لُ الـلّـــــــــهِ صَـلَّىالـلّــــــــــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَـــلَّــمَ ، إِ ذَاسْــتَـــفْـــتَــحَ الصَّــلاَ ةَ سَــكَـتَ هُــنَـــيْـــهَـةً فَــقُــلْتُ بِـأَبِـى أَ نْتَ وَ أَ فِيْ يَـارَسُـوْ لُ الـلّــهِ مَا تَــقُـوْ لُ فِى سُــكُـوْ تِـكَ بَــيْـنَ الـتَّــكْـبِــيْـرِ وَ الْـقِـرَاءَ ةِ قَالَ أ قُـوْ لُ أَ لـلّــــهُمَّ بَاعِـدْ بَـيْـنِيْ وَ بَـيْـنَ خَـطَا يَايَ كَـمَا بَاعَـدْتَ بَــيْـنَ الْـمَـشْـرِقِ وَ الْـمَـغْـرِبِ، اَ لـلّـــــهُمَّ نَــقِّــنِيْ مِنْ خَـطَا يَا يَ كَــمَا يُــنَــقَّىالـثَــوْبُ اْلأَ بْــيَــضُ مِـنَ الـدَّ نَــسِ، اَلـلّـــــهُمَّ اغْـسِـلْــنِيْ مِنْ خَـطَا يَـايَ بِـالْــثْـــلْـــجِ وَ الْـــمَاءِ وَ الْــبَــرَ دِ

“Dari Abi Zur’ah bin Amru bin Jarir r.a. dari Abu Hurairah r.a. katanya : “Biasanya Rasulullah Saw. jika telah memulai Sholatnya (Bertakbir), Maka Beliau diam sebentar. Aku bertanya : ”Demi Ayah dan Ibuku Ya Rasulullah. Apa yang kamu baca diantara Takbirotul Ihram dan Qiro’ah ? Jawab Rasulullah : “Aku membaca Do’a (artinya):”Ya Allah. jauhkanlah antara aku dengan Dosa-dosaku, sebagaimana Engkau jauhkan antara Timur dan Barat. Ya Allah. Sucikanlah aku dari Dosa-dosaku, sebagaimana disucikannya Kain putih dari segala kotoran. Ya Allah cucilah aku dari Dosa-dosaku dengan Es. Dengan Air. Dengan Embun” (H.R.Sunan An-Nasa’iy. Juz I pada halaman : 28)

Berwudhu' dengan Air Embun.

عَـنْ حَـبِــيْـبِ ا بْـنِ عُــبَــيْـدٍعَنْ جُــبَــيْــرِ بْـنِ نـــفَـــيْــرِ قَالَ شَــهِــدْتُ عَـوْ فَا بْـنَ مَالـِكٍ يَــقُـوْ لُ : سَـمِــعْتُ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَـلَّىالـلّـــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ، يُصَـلِّىعَـلَى مَـيِّتُ فَـسَــمِــعْـتُ مِـنْ دُعَـائِــــهِ وَهُـوَ يَــقُــوْ لُ الـلّــــــــهُمَّ اغْـفِـرْ لَــهُ وَارْحَـمْـهُ وَعَافِـــهِ وَاعْــفُ عَـــنْـهُ وَ أَ كْـرِمْ نَــزُ لَـهُ وَوَسِّــعْ مَـدْ خَـلَـهُ وَ اغْـسِـلْـهُ بِـالْـمَاءِ وَ الـثَّـــلْــجِ وَ الْــبَـرَ دِ وَ نَــقِّــهِ مِنَ الْـخَـطَا يَا كَـمَا يُــنَــقَّ الـثَّـــوْ بُ اْلأَ بْــيَـضُ مِنَ الـدَّ الــنَّاسِ

“Dari Habib bin Ubaid. Dari Jabir bin Nufair. Katanya : ”Aku pernah melihat ‘Auf bin Malik berkata : ”Telah kudengar Rasulullah Saw. ketika men-Sholati Mayit. Beliau berdo’a :”Ya Allah. Ampunkan baginya. Rahmatilah ia. Selamatkanlah ia. Dan ma’afkanlah ia. Muliakanlah kedatangannya. Luaskanlah tempat tinggalnya. Dan cucikanlah ia dengan air Es dan Embun. Dan Sucikanlah ia dari Dosa-dosanya, sebagaimana dibersihkannya kain putih dari kotoran”. (H.R. Sunan. An-Nasa’iy. Juz I Nomor 61 Hal : 28)

Anjuran untuk menghirup air ke hidung dan menghembuskan keluar dengan sungguh-sungguh.

حَـدَّ ثَـــنَا أَحْـمَـدُ بْـنُ عَـبْدَ ةَ ، ثَـــنَاحَـمَّادُ بْـنُ زَ يْـدٍ، عَنْ مَـنْـصُـوْ ر، وَحَـدَّ ثَــــنَا أَ بُـوْ بَـكْــرِابْـنِ أَبِـى شَــيْـــبَــةَ، ثَـــــنَا أَ بُــوْ اْلأَحْـوَصِ، عَنْ مَـنْـصُـوْ رِ، عَـنْ هِـلاَ لِ بْـنِ يَــسَافٍ ، عَـنْ سَــلَــمَــةَ بْـنِ قَـــيْسٍ قَالَ : قَـالَ لـِى رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَــلَــيْــهِ وَسَــلَّــمَ : إِذَا تَـــوَ ضَّــأَتْ فَـانْـــثَـــرْ، وَ إِ ذَ ا اسْــتَـجْـمَـرْتَ فَــأَ وْ تِــرْ

“Mewartakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdah. Mewartakan kepada kami Hammad bin Zaid. Dari Manshur. Mewartakan kepada kami Abul Ahwash. Dari Mansyur dari Hilal bin Yasaf. Dari Salamah bin Qais. Ia berkata : ”Rasulullah Saw. berkata kepadaku : ”Apabila engkau Berwudhu’, maka Hiruplah air kedalam Hidung dan hembuskanlah air dari Hidungmu. Dan apabila engkau istinjak dengan bebatuan, maka ganjilkanlah”.
(H.R. Sunan Ibnu Majah. Juz I nomor : 406 Hal : 320)

Menyela-nyela janggut dalam berwudhu'.

حَـدَّ ثَـــنَا مُحَـمَّـدِ بْـنِ أ بِـى عُـمَـرَ الْــعَــدَ نِـيْ ، ثَــــنَا سُـفْـــيَانُ عَـنْ عَــبْــدُ الْـكَـرِ يْــمِ أَ بـِى أَ مَــيَّــةَ، عَـنْ حَـسَانِ بْـنِ ِبـــلاَ لِ ، عَـنْ عَــمَّارِ بْـنِ يَـاسِــرٍ، وَحَــدَّ ثَـــنَا إِ بْــنُ أَبِـى عُـمَــرَ قَـالَ : ثَـــنَاسُـفْـــيَانُ، عَـنْ سَــعِــيْـدِ بْـنِ أبِـى عَـرُوْ بَــةَ ، عَـنْ قَــتَادَ ةَ ، عَـنْ حَـسَانِ بْـنِ بِـــلاَ لِ عَـنْ عَـمَّارِ بْـنِ يَـاسَرٍ، قَالَ : رَ أَ يْـتُ رَسُـوْ لُ الـلّــهِ صَــلَّى الـلّــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ : يَـخْــلِّــلُ لـِحْـــيَـــتَـــهُ

“Mewartakan kepada kami Muhammad bin Abu ‘Umar Al-‘Adaniy. Mewartakan kepada kami Sufyan dari ‘Abdul Karim Abu Umamah. Dari Hasan bin Bilal. Dari ‘Umar bin Yasir. Mewartakan kepada kami Ibnu ‘Umar. Ia berkata :“Me wartakan kepada kami Sufyan. Dari Sa’id bin Abu ‘Arubah dari Qatadah. Dari Hasan bin Bilal. Dari ‘Ammar bin Yasir. Ia berkata : ”Aku melihat Rasulullah Saw. menyela-nyela (dengan jari tangan) Janggutnya dalam berwudhuk”. (H.R. Ibnu Majah. Dalam Sunannya)

Mengusap sebagian dari kepala.
Berdasarkan Hadits dari Mughirah r.a.

أَنَّ الـنَّـبِـيَّ صَـلَّىالـلّـــــــــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ ،تَــوَ ضَــأَ وَ مَـسَــحَ بِــنَا صِـيَــتِــهِ وَ عَــلَى عِــمَا مَـــتِــهِ وَ عَـلىَ الْـخُــفَّـــيْــنِ

“Bahwa Rasulullah Saw. Berwudhu’, membasuh Ubun ubunnya, di atas Sorbannya. Dan Sepatunya”. (H.R. Muslim. Kitab: “Kifayatul Akhyar)

Dan kita perhatikan hadits dibawah ini :
“Dari ‘Abdillah bin Zaid, ia berkata :”Bahwasanya ia pernah melihat Rasulullah Saw. mengambil air baru untuk mengusap dua Telinganya, bukan (sisa) air yang digunakan untuk Kepalanya”. (Hadits riwayat Baihaqi)
Hadits itu juga terdapat dalam Riwayat Muslim dengan Riwayat yang sama dengan lafaz : “Dan Beliau mengusap Kepalanya dengan air yang baru”.
(Kitab Bulughul Maram No 41. Halaman 24)

Wudhu’ yang baik semoga bisa menghapus dosa.

عَنْ أَبِـى هُرَ يْـرَ ةَ ، أَ نَّ رَسُـوْ لُ الـلّــهِ صَـلَّىالـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَـلَّـمَ قَالَ : إِ ذَا تَـوَ ضَّــأَ الْـعَــبْـدُ الْـمُـسْـلِـمُ أَوْ الـمُـؤْ مِنُ فَـغَسَـلَ وَجْــهَـهُ خَـرَ جَ مِنْ وَجْــهِـهِ كُـلُّ خَـطِــيْــئَــةٍ نَـظَـرَ إِ لَــيْــهَا بِـعَــيْـنَـيْـهِ مَـعَ الْـمَـاءِأَوْ مَـعَ آخِـرِ قَـطْـرِالْـمَاءِ فَـإِذاغَـسَـلَ يَـدَ يْــهِ خَـرَجَ مِنْ يَـدَ يْـهِ كُـلُّ خَطِـيْـئَـةٍ كَـانَ بَـطَـشَــتَــهَا يَـدَاهُ مَــعَ الْــمَاءِ أَوْ مَــعَ آ خِــرِقَـطْـرِالْـــمَاءِ فَــإِذَاغَـسَـلَ رِجْـلَــيْــهِ خَـرَجَتْ كُـلُّ خَـطِـيْـئَـةٍ مَشَـتَــهَارِجْـلاَ هُ مَـعَ الْـمَاءِ أَوْ مَـعَ آخِـرِ قَـطْـرِالْــمَاءِحَــتَّى يَخْـرُجَ نَــقِــيًا مِنَ الـذُّ نُــوْ بِ

“Dari Abu Hurairah r.a. katanya : Rasulullah Saw. Bersabda : ”Apabila seseorang Muslim atau Mukmin Berwudhu’, Ketika ia mencuci Mukanya, maka hilanglah segala Dosa matanya, hanyut bersama air hingga tetes yang penghabisan. Apabila ia mencuci Tangan, maka hilang pulalah segala Dosa yang diperbuat oleh Tangannya. Hanyut bersama air hingga tetes yang penghabisan. Apabila ia mencuci Kakinya, maka hapuslah Dosa-dosa yang dilakukan oleh Kakinya. Hanyut bersama air, hingga tetes yang terakhir. Sehingga akhirnya ia bersih dari segala Dosa”.
(H.R. Muslim. Hadits No 190 Halaman : 128)

عـَنْ عُــثْــمَانَ بْـنِ عَــفَّانَ قَـالَ: قَـالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــــــهِ صَـلَّىالـلّــــــهُ عَـلَـــيْــهِ وَسَـلَّــمَ، مـَنْ تَــوَضَّــأَ فَــأَحْسَـنَ الْــوُضُـوْءَ خَـرَجَـتْ خَـطَا يَـا هُ مِنْ جَـسَـدِ هِ حَــتَّىتَـخْـرُ جُ مِـنْ تَـحْتِ أَ ظْــفَارِ هِ

“Dari ‘Utsman bin ‘Affan r.a. katanya Rasulullah Saw. bersabda : ”Barang siapa yang Berwudhu’ dengan sempurna, maka keluarlah segala Dosa dari Tubuhnya, sehingga dari bawah kukunya juga”. (H.R. Muslim)


Sunnat melebihkan wudhu' dari batas wajib.

عَـنْ نُــعَــيْـمِ بْـنِ عَــبْـدِالـلّـــهِ الْـمُـجْـمِـرِ قَالَ : رَ أَ يْتُ أَ بَا هُرَ يْـرَ ةَ يَـتَــوَ ضَّـأَ فَـغَسَـلَ وَجْــهَــهُ فَــأَسْــبَـخَ الْـوُضُوْ ءَ، ثُــمَّ غَسَـلَ يَـدَ هُ الْــيُـمْــنَى حَـتَّى أَشْـرَعَ فِىالْـعَضُدِ، ثُــمَّ يـَـدَ هُ الْــبُسْــرَىحَـتَّىأَشْـرَعَ فِى الْـعَـضُدِ ثُــمَّ مَسَـحَ رَ أَسَــهُ، ثُــمَّ غَسَـــلَ رِجْـــلَـــهُ الْــيُــمْــنَى حَـــتَّى أَشْـرَعَ فِى السَّاقِ، ثُـمَّ غَسَــلَ رِجْـلَـهُ الْـيُسْرَى حَـتَّى أََسْـرَ عَ فِى السَّاقِ ، ثُــمَّ قَـالَ هَـكَـذارَ أَ يْتُ رَسُوْ لَ الـلّـــهِ صَـلَّى الـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ ، يَــتَــوَضَّـأَوَ قَالَ : قَالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــــهِ صَـلَّى الـلّـــــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ ، أَ نْــتُــمُ الْــغُــرُّ الْـمُـحَأجَّــلُـوْنَ يَــوْ مَ الْـقِـــيَامَـةِ مِنْ إِِسْــبَاغِ الْـوُضُـوْءِ فَـمَنِ اسْـتَـطَاعَ مِنْـكُمْ فَــلْــيُطِـلْـغُـرَّ تُــهُ وَ تَـحْـجِــيْــلَــهُ


“Dari Nu’aim bin ‘Abdullah Al-Mujmir r.a. katanya : ”Aku melihat Abu Hurairah, mengambil Wudhu’. Mula-mula dicucinya Mukanya melebihi batas wajib dengan sempurna bagus. Kemudian dicucinya Tangannya yang Kanan hingga masuk ke lengan. Kemudian Tangannya yang Kiri hingga masuk ke lengan juga. Kemudian itu disapunya Kepalanya. Kemudian dicucinya Kaki Kanan hingga masuk ke betis. Setelah itu ia berkata :”Begitulah kulihat Rasulullah Saw. Berwudhuk”. Lalu disampaikannya Sabda Rasulullah Saw. : “Pada hari Qiyamat nanti, Anda semua akan tampak gilang-gemilang karena Anda menyempurnakan Wudhu’ Anda sebagus-bagusnya. Karena itu lebih kanlah batas-batas tertentu yang diwajibkan mencucinya ketika Berwudhuk”. (H.R. Muslim. No 192 Halaman : 130)


Dalil Yang Membatalkan Wudhu’.

Yang termasuk Najis ialah semua yang keluar dari Qubul dan Dubur seperti :
1. Keluar sesuatu dari salah satu pada Dua jalan : Qubul atau Dubur.
Misalnya : Kentut. Buang air besar. Dan Kencing.

أَ وْ جَـآءَ أَ حَــدٌ مِّــنْــكُـمْ مِّــنَ الْـــخـآ ئِـــطِ

“Atau datang seseorang di antara kamu dari Kakus/Jamban/WC” (Q.S. An-Nisaa’: 43)

عَنْ أَبِـى هُـرَ يـْرَ ةَ يَــقُـوْ لُ قَالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَــلَّى الـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَ سَـلَّمَ لاَ تَــقْــبَــلُ صَــلاَ ةُ مَنْ أَحْـدَثَ حَــتَّى يَــتَــوَ ضَّــأَ قَـالَ رَجُــوْ لٌ مِنْ حَـضْرَ مَـوْتَ مَـا الْـحَــدَثَ يَـآ أَ بـَاهُـرَ يـْرَ ةَ ، قَالَ فَـسَاءٌ أَ وْضُـرَ ا ظٌ

“Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata : ”Rasulullah Saw. bersabda :”Tidak diterima Sholat orang yang masih Berhadats. Sehingga ia Berwudhu’”. Seorang Laki-laki dari Hadhramaut bertanya :”Apakah Hadats itu Wahai Abu Hurairah ? ia menjawab :”Kentut yang tidak berbunyi maupun Kentut yang berbunyi”. (H.R. Shohih Al-Bukhari Juz I No 34 pada Hal : 112)

إِذَا اَ قْــبَـلَتِ الْـحَــيْــضَــةُ فَـدَ عِى الصَّـــلاَ ةَ، فَــإِذ َاذَ هَبَ قَدْ رُهَا فَاغْسِــلِى
عَــنْــكِ الـــدَّ مَ وَ صَــلِّى

“Apabila Haidh tiba. Tinggalkan Sholat. Apabila telah selesai. Mandilah dan Sholatlah”. (H.R. Al-Bukhary dan Muslim)
Dalil yang berkenaan dengan Kencing. Termasuk Dosa yang tidak memperhatikan atau menjaga Pakaian dan Tubuhnya dari Kencingnya :

عَـنَ ابْـنِ عَــبَّاسٍ قَالَ مَـرَّ الـنَّـبِـيُّ صَـلَّىالـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ ، بِــقَــبْـرَ يْـن فَــقَالَ : إِنَّـــهُـمَالَـــيُـعَـذَّ بَـانِ وَ مَا يَــعَـذَّ بَـانِ فِىكَــبِــيْــرٍ، أَ مَّا أحَـدُ هُـمَافَـــكَـانَ لاَ يـَـسْـــتَــتِـــرُ مِنَ الْـــبَــوْ لِ وَ أَ مَّا اْلآخَــرُ فَــكَـانَ يُــمْــشِى بِـاالـنَّـمِـيْـمَـةِ، ثُــمَّ أَخَـذَجَـرِ يْــدَ ةً رَطْــبَـةً فَـشَــقَّــهَا نِـصْــفَــيْـنِ فَـغَـرَزَ فِىكُـلِّ قَــبْـرٍ وَاحِدَ ةً قَالُـوْا يـَآرَسُـوْ لُ الـلّـــهِ ؟ لِــمَ فَــعَــلْـتُ هـذَا قَالَ لَــعَــلَّــــهُ يـُـخَــفَّــفُ عَــنْـــهُـمَا مَالَـمْ يَـــيْـــبَــسَا

“Dari Ibnu ‘Abbas r.a. ia berkata : ”Nabi Saw. Berjalan melalui Dua buah kuburan. Lalu Beliau bersabda ”Sesungguhnya orang yang berada di dalam kubur ini disiksa. Ttetapi bukan disiksa karena mengerjakan Dosa besar. Adapun yang seorang dari keduanya itu. Tidak beristinja’ dengan sebersih-bersihnya dari kencingnya. Sementara yang lain. Suka berjalan dengan menyampaikan kata-kata yang berupa Adu Domba. Kemudian Beliau mengambil setangkai Pelepah Kurma yang masih basah, lalu membelahnya menjadi dua bagian. Kemudian setiap belahan tadi dipancangkan pada setiap kubur (yakni masing-masing sebelah Pelepah Kurma). Para Sahabat bertanya :”Wahai Rasulullah. Mengapa engkau melakukan ini ?” Beliau bersabda : ”Mudah-mudahan keduanya diringankan (‘Azab kuburnya). Selama dua Pelepah itu belum kering”. (H.R.Shohih Bukhary. Juz I Hal : 158/159)

Dengan keterangan diatas, semoga sudah jelas bagi Muslim yang mau meng’amalkan dan memperhatikan Dalil dalam hal membatalkan Wudhu’.

2. Hilang ‘Akal disebabkan Gila atau Mabuk atau Pingsan.

يَـآ اَ يُّـــهَا الَّـذِ يْـنَ أ مَـنُـوْا لاَ تَــقْـرَ بُـوْ ا الصَّـلـو ةَ وَ أَ نْــتُـمْ سُـكَارى حَــتَّى تَــعْــلَــمُـوْ ا مَا تَــقُـوْ لُــوْ نَ

“Hai orang-orang yang beriman ! Janganlah kamu Sholat, ketika kamu sedang Mabuk, (hilang ‘akal) sehingga mengerti apa yang kamu ucapkan”…
(Q.S. An-Nisaa’: 43)

عَنْ مُـعَاوِ يَــةَ قَـالَ : قَـالَ رَسُـوْ لُ الـلّـــهِ صَـلَّىالـلّـــهُ عَـلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ ، أَ لْـعَــيْـنُ وَ كَـاءَ السَّــهِ، فَـإِذَا نَـا مَتَ الْــعَــيْــنَانِ اسْــتَـطْــلَــقَ الْـوِكَـاءُ، وَ مَنْ نَـامَ فَـــلْــيَــتَــوَ ضَّــاءَ

“Dari Mu’awiyyah r.a. ia berkata :”Bahwasanya Rasulullah Saw. telah bersabda : ”Mata itu adalah pengikat Dubur. Maka apabila telah tidur dua mata, terlepaslah pengikat itu”. (H.R.Ahmad dan At-Thabrany) dan tambahan dari Thabrany :“Barang siapa tidur. Hendaklah ia berwudhu’ kembali”.

Karena Rasulullah Saw. juga pernah bersabda : ”Orang tidur itu tangannya sering meraba-raba kearah dubur atau kemaluannya, sehingga bisa membatalkan Wudhu’. Namun kalau ia berani menjamin bahwa ia tidak meraba kesana kemari.

3. Tidur yang tidak tetap pada tempat duduknya.
Misalnya : Kita ingat sewaktu awalnya tidur terlentang, Namun ketika ia sadar, dilihatnya sudah miring. Tidur yang tidak tetap pada kedudukannya bisa membatalkan Wudhu’. Tetapi tidur yang dengan duduk dan tetap pada tempat duduknya tidak membatalkan Wudhu’. Sebab setiap duduknya akan tersungkur, ia sadar dan akan memperbaikinya.

4. Menyentuh Qubul atau Dubur dengan telapak tangan (perut jari).
Orang yang menyentuh kemaluan diri sendiri atau orang lain, maka batal wudhu’nya. Walaupun anak kecil, baik masih hidup atau sudah mati. Berdasarkan hadits :

سَــمِـعْـتُ رَسُـوْ لُ الـلّـــــــهِ صَــلَّى الـلّـــــــهُ عَـــلَـــيْــهِ وَسَـــلَّـمَ يَــقُــوْ لُ : مَنْ مَسَّ ذَ كَــرَ هُ فَـــلْـــيَـــتَـــوَ ضَــأْ

“Barangsiapa yang menyentuh Zakarnya. Maka hendaklah ia berwudhu’”.
(Abu Daud. An-Nasa’iy. At-Turmudzy. Ibnu Majah. Dan Ahmad)

5. Tersentuh kulit Laki-laki dengan Wanita yang halal Nikah.
Tersentuh Kulit Laki-laki dengan Wanita yang bukan Muhrim. Tanpa lapis :

…… أَ وْ لَـــمَـــسْــتُـــمُ الـنِّـــسَــــآءَ………

Atau tersentuh dengan Wanita” (yang bukan Muhrim nya) (Q.S. Sebagian dari surah An-Nisaa’ : 43)

Surah An-Nisaa’ dalam Teks Indonesia :
“Hai orang-orang yang Beriman ! Jangan kamu Sholat ketika kamu dalam keadaan mabuk. Sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan. “Dan jangan pula kamu (memasuki) Masjid. Sekiranya kamu dalam keadaan Junub. (habis bersetubuh dengan istri) kecuali sekedar lewat saja, sehingga kamu mandi (Jenabat). ‘Dan jika kamu sakit, atau dalam perjalanan, atau datang dari tempat buang air (kakus/Jamban/WC). “Atau kamu menyentuh Wanita. Kemudian kamu tidak mendapatkan air, (untuk berwudhu’), maka hendaklah kamu bertayamum dengan Tanah yang bersih. Dan sapulah Mukamu dan Tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pema’af dan Maha Pengampun”. (Q.S. An-Nisaa’ : 43)

Dalam ayat yang panjang ini dapat melahirkan Hukum :
1. Jangan Sholat orang yang dalam keadaan mabuk.
Boleh Sholat jika sudah sadar apa yang diucapkan, jangan sedang hilang akal.
2. Hilang akal karena mabuk membatalkan Wudhu’ karena orang mabuk itu biasanya tidak tahu, apakah ia sudah kencing, atau sudah kentut dalam mabuknya itu.
3. Jangan Sholat sehabis bersetubuh dengan Wanita, kecuali kalau sudah mandi lebih dahulu.
4. Orang-orang yang habis bersetubuh boleh melalui (teras) Masjid. Tidak boleh masuk.
5. Orang yang sedang sakit atau dalam perjalanan yang tidak mendapatkan air, boleh Bertayamum saja, yakni mengganti air dengan Tanah menurut syarat-syarat yang sudah ditentukan dalam Kitab-kitab Fiqih.
6. Begitu juga, sehabis buang air, besar atau kecil atau sesudah menyentuh Wanita yang bukan Muhrimnya. Maka batal wudhu’. Boleh bertayamum kalau tak ada air, tetapi jika ada air, wajib berwudhu’.
7. Semuanya itu : Hilang akal, bersetubuh, buang air besar/kecil, menyentuh wanita membatalkan wudhu’.

Inilah Dalil yang sangat kuat dari Al-Qur-aan yang menyatakan bahwa menyentuh Wanita itu, membatalkan Wudhu’ (tidak boleh Sholat). Arti dari ayat : Coba perhatikan dengan cermat. Kalimat untuk bersetubuh sudah ada ayatnya di atas. Tetapi menyentuh ayatnya di bawah. Dalam bahasa arab “Lamasa” itu artinya meyentuh. Bukan Bersetubuh. Dan bukan bercumbu atau berciuman.

0 comments: